Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Daftar Pemenang Kalsel Innovation Award 2023


 Daftar Pemenang Kalsel Innovation Award 2023 Perbesar

Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyerahkan dan menyampaikan ucapan selamat kepada para peraih Anugerah Kalsel Innovation Award (KIA) Tahun 2023.

Paman Birin melalui sambutan tertulis yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira menyebutkan bahwa anugerah ini merupakan awal dari pengembangan inovasi.

“Saya ucapkan selamat kepada para juara, baik dari lingkup pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, maupun masyarakat umum. Kemenangan ini menjadi awal dari upaya pengembangan inovasi yang lebih lanjut demi memajukan Banua.”

Paman Birin juga menyampaikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang mengikuti KIA Tahun 2023 ini.

“Saudara semua telah memulai langkah yang hebat dalam menghadirkan terobosan yang berorientasi pada pelayanan dan kebermanfaatan untuk masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga tetap memotivasi para peserta agar terus menyempurnakan ide, gagasan dan kreativitas dalam rangka mewujudkan inovasi daerah.

Dalam sambutannya, Paman Birin juga instruksikan 38 SKPD yang belum berpartisipasi dalam pengumpulan proposal inovasi untuk berpartisipasi di tahun selanjutnya.

“Saya menghimbau, ke depannya seluruh SKPD dapat ikut berpartisipasi di tahun berikutnya. Bagi yang tidak berpartisipasi, tentu akan menjadi catatan dan evaluasi tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Kalsel, M Amin dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan KIA ini merupakan komitmen Kalsel dalam mendukung keberlanjutan pengembangan inovasi di Banua.

“KIA merupakan komitmen Kalsel dalam menunjukkan eksistensi serta tendensi dalam membentuk ruang ekosistem inovasi yang berkelanjutan di banua. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan penilaian Indeks Inovasi Daerah,” sampainya.

Puncak Penganugerahan KIA hari ini ujarnya juga merupakan apresiasi terhadap semangat dan keberhasilan inovator-inovator daerah.

Dilaksanakan sejak Maret 2023, penganugerahaan KIA ini merupakan rangkaian akhir dari Sosialisasi Inovasi Daerah, Pengukuhan Inovasi Daerah, Gelaran Lomba Karya Tulis Ilmiah berbasis Inovasi Daerah, serta pelaksanaan Presentasi Inovasi Daerah yang dilaksanakan oleh BRIDA Provinsi Kalsel.

Naik signifikan, hasil kepesertaan pada KIA Tahun 2023 berhasil memvalidasi 64 inovasi daerah, dimana tahun sebelumnya ada 34 inovasi daerah.

Dengan adanya KIA, ada harapan untuk menjadikan inovasi sebuah kebiasaan, agar bisa melihat dan merasakan betapa hebatnya kalau kita semua sudah berinovasi.

“Inovasi bisa berupa sebuah terobosan baru, tapi ada juga pembaharuan inovasi yang sudah ada. Dengan inovasi diharapkan adanya perubahan, dari yang sulit menjadi mudah, yang lambat menjadi cepat, dan yang mahal menjadi murah,” sampai Amin.

Berikut penerima penghargaan Anugerah KIA Tahun 2023 :

Kategori Masyarakat Umum :
Juara 1 – dari Kabupaten Tabalong “Alpektan” (Alat Pengukur Kesuburan Tanah)”
Juara 2 – dari Kabupaten Tabalong “Amank Air (Alat Pengaman Kelistrikan dari banjir Berbasis Internet of Things) 3.1”
Juara 3 – dari Kabupaten HSU “Kang Alma (Kapal Penghancur Gulma)”.

Kategori SKPD Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel :
Juara 1 – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, “Satu NIK”
Juara 2 – Dinas PUPR dan Pertanahan, Kabupaten Tanah Laut
Juara 3 – Dinas Komunikasi dan Informatika, Kota Banjarmasin, “Banjarmasin Pintar”

Kategori SKPD Provinsi Kalsel :
Juara 1 – Dinas Perkebunan dan Peternakan, “Siska Ku Intip”
Juara 2 – Dinas Kehutanan, “SIFORESTKA”
Juara 3 – Dinas Lingkungan Hidup, “Program Sungai Martapura Asri. (ran/adpim)

Foto : Yusnadianoor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah