Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Bergerak bersama Paman Birin, Gotong Royong Bantu Air Bersih, Bagikan Masker hingga Bersihkan Semak Belukar


 Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memimpin langsung pembagian air bersih kepada warga di kawasan Cempaka, Banjarbaru, Sabtu (9/9). Foto Biro Adpim Kalsel Donny Perbesar

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memimpin langsung pembagian air bersih kepada warga di kawasan Cempaka, Banjarbaru, Sabtu (9/9). Foto Biro Adpim Kalsel Donny

Kalseldaily.com – Usai apel mitigasi mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kabut asap dan kekeringan, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama ASN lingkup Pemprov Kalsel serta para relawan bergerak membantu masyarakat.

Paman Birin bahkan memimpin langsung pembagian air bersih kepada warga di kawasan Cempaka, Banjarbaru.

Warga yang sudah antre dengan menempatkan derijen dan ember pun antusias begitu truk tangki membawa ribuan liter air tiba.

Tak segan-segan, Paman Birin pun ikut mengisi ember-ember para warga yang membutuhkan air bersih akibat sumurnya kekeringan.

“Semoga hujan cepat turun, sehingga bencana kekeringan tidak terjadi,” kata Paman Birin.

Warga yang menerima bantuan air bersih melalui truk tangki pun menyampaikan rasa senang.

“Alhamdulillah. Terimakasih Paman Birin atas bantuan air bersihnya,” kata Acil Inor, warga Cempaka.

Bantuan air bersih ini sangat bermanfaat selain untuk mandi, juga untuk masak dan air minum.

Selain menggerakkan pembagian air bersih di berbagai titik warga yang dilanda kekeringan, ASN Pemprov Kalsel pun juga turun membagi-bagikan masker kepada warga dan pengguna jalan untuk menghindari kabut asap.

Ahim, salah seorang warga Sei Tiung Cempaka mengungkapkan rasa terimakasihnya atas pembagian masker gratis yang dibagikan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah, Terima kasih banyak Paman Birin, masker ini sangat membantu kami dalam menghadapi kabut asap” ucap Ahim.

Selain itu, di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, ASN dan karyawan-karyawati juga membersihkan semak belukar yang rawan terjadi kebakaran.

Sementara itu, Ketua Pasukan Elang Darat Karhutla, Febry Andrean mengatakan, keberadaan Elang Darat Karhutla adalah misi kemanusiaan.

“Melalui kegiatan ini, kami berusaha mencegah terjadinya titik api yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan kabut asap yang mengganggu kegiatan keseharian masyarakat Kalsel.” ujar Febri.

Febri juga menambahkan untuk personel yang diterjunkan berjumlah 40 orang ini berharap dapat memberikan manfaat maksimal dalam mengurangi potensi titik-titik api.

“Semoga Pasukan Elang Darat karhutla dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi potensi kebakaran hutan dan lahan.” harapnya.

Disamping berbagai kegiatan diatas, Pemprov Kalsel juga membuka layanan kesehatan untuk memberikan bantuan dan perawatan kepada masyarakat sebagai wujud komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah