Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Pembangunan

Antisipasi Dampak El Nino, Paman Birin dan Wakapolri Tanam Padi Bersama


 Antisipasi Dampak El Nino, Paman Birin dan Wakapolri Tanam Padi Bersama Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto melakukan panen raya padi dan tanam ulang padi di areal persawahan di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar pada selasa (3/10) pagi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mendukung Gerakan Nasional Menanam Padi sebagai langkah antisipasi terhadap dampak fenomena El-Nino di Indonesia.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kalsel, H. Supian HK, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Syamsir Rahman.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyebut bahwa beberapa waktu yang lalu Pemprov Kalsel telah sukses melakukan panen padi dan menanam kembali.

“Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Kalsel berhasil menggelar panen padi yang kemudian diikuti dengan penanaman padi sebagai bagian dari Gerakan Nasional Menanam Padi, sebagai upaya dalam penanganan dampak El-Nino di Kalsel” Ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga menyatakan, keberhasilan sektor pertanian khususnya dimusim kemarau dan ditengah adanya fenomena El-Nino tidak lepas dari peran berbagai pihak.

“Panen raya dan penanaman ulang padi ini tidak terlepas dari peran berbagai pihak, mulai dari petani sebagai ujung tombak, kemudian pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten/kota, para penyuluh, serta peran penting dan strategis dari jajaran TNI dan Polri, Keberhasilan ini juga ditandai dengan pemberian beberapa penghargaan kepada Provinsi Kalsel.” Kata Paman Birin.

Dalam Kesempatan tersebut Paman Birin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut terlibat dalam pencapaian sektor pertanian tersebut.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua yang terlibat dan menjadi penyemangat kita untuk terus memajukan sektor pertanian ini, meskipun dihadapakan pada musim kemarau dan fenomena El-Nino,” ungkap Paman Birin.

Sementara itu, Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto menyampaikan pesan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang secara konsisten mengingatkan tentang krisis pangan yang mengancam hampir diseluruh negara.

“Lebih dari 20 negara bahkan telah melarang ekspor pangan mereka ke negara lain. Oleh karena itu, jika kita mampu memanfaatkan hasil alam kita dengan sebaik-baiknya, kita memiliki potensi menjadi salah satu negara yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dan juga berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan pangan global.” tutur Wakapolri.

Wakapolri menegaskan bahwa upaya Gubernur Kalsel dalam memajukan sektor pertanian dan pangan di daerah ini memiliki dampak positif yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Kalsel, tetapi juga berdampak pada kebutuhan pangan di tingkat nasional dan internasional.

“Paman Birin telah membuktikan komitmennya untuk mengatasi tantangan krisis pangan dengan upaya nyata dalam pengembangan pertanian di Kalsel. Ini bukan hanya prestasi lokal, tetapi juga pencapaian yang berdampak pada tingkat nasional dan global,” terang Wakapolri.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan pertanian secara simbolis oleh Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, yang didampingi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin kepada masyarakat dan kelompok tani. (Adv)

Tim Editor

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Jaga Keamanan Laut, Bakamla Bakal Bangun Stasiun Pemantau di Kalsel, Ini Lokasinya 

26 March 2024 - 09:10

Pemprov Kalsel Bakal Bangun 10 Ruas Jalan Lintas Kabupaten, Cek Lokasinya 

17 March 2024 - 09:56

Sejumlah Proyek Prioritas Pemprov Kalsel Rampung Tahun 2024 

1 March 2024 - 15:55

Penimbunan Km 171 Dimulai, R4 Hingga R2 Diarahkan Jalur Alternatif

23 February 2024 - 11:18

Gedung Baru DPRD Kalsel Bakal Dilengkapi 60 Kamar Tidur Hotel Berbintang

21 February 2024 - 07:45

Masyarakat Sambut Antusias Pembangunan Jembatan Tambak Baru yang Dibangun Paman Birin Senilai Rp. 14,7 Miliar

12 February 2024 - 14:19

Trending di Pembangunan