Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

78 Tahun TNI Teruslah Bergerak Jaga Kesatuan NKRI


 78 Tahun TNI Teruslah Bergerak Jaga Kesatuan NKRI Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengahadiri
peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan dr Murjani, Banjarbaru, Kamis (5/10) pagi.

Peringatan HUT ke-78 yang mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” berlangsung khidmat, dan bertindak selaku Komandan Upacara Dandim 1003 Hulu Sungai Selatan Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo.

Turut hadir Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb. Vincentius Endy Hadi Putra, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan serta tamu undangan lainya.

HUT ke 78 TNI di Kalsel terasa sangat meriah karena para tamu undangan, dan masyarakat disuguhkan atraksi kemanunggalan TNI diantaranya drama kolosal Jenderal Sudirman, taktik tempur penyelamatan sandra, penampilan 500 kareteka binaan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, penampilan drum band FKPPI, defile prajurit dan alutista TNI.

Ada yang menarik pada drama kolosal, ketika Jenderal Sudirman sudah diketahui pihak penjajah keberadaanya.

Dalam keadaan yang sangat genting Jenderal Sudirman lantas mengajak para prajuritnya untuk menggelar dzikir bersama.

Anehnya tidak ada satupun pasukan belanda mengenali identitas Jenderal Sudirman. Pihak belanda mengira itu adalah para Kiai yang sedang berzikir.

Hingga akhirnya Sang Jenderal besar ini bisa lolos begitu mudahnya dari serangan penjajah.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengucapkan dirgahayu ke 78 Tentara Nasional Indonesia.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kami ucapkan dirgahayu TNI yang ke-78, teruslah bergerak,” katanya.

Menurut Paman Birin, situasi dan kondisi banua yang aman dan damai ini, belum tentu dirasakan jika tidak ada kehadiran TNI.

“Karena rasa aman dan damai itu pula, kita memiliki kesempatan untuk meneruskan keberlanjutan pembangunan. Kondisi yang aman dan damai ini, kita harapkan terus terjaga dengan baik, apalagi kita sudah berada di tahun politik yang terkadang muncul isu-isu yang bisa memicu perpecahan,” katanya.

Menurutnya, perlu diwaspadai setiap kondisi yang akan menimbulkan keretakan persatuan yang telah terbina selama ini.

“Marilah persatuan dan kesatuan sebagai simbol kekuatan bangsa, kita pelihara dengan sebaiknya-baiknya,” katanya.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya disampaikan Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto , berdasarkan hasil survei dari lembaga survei di tanah air TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulis.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

3.096 Pelamar Bersaing di Job Fair Kalsel 2024

22 July 2024 - 15:03

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Trending di Daerah