Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

20 Seniman Mancanegara Pastikan Hadir di Kiram Arts Festival


 20 Seniman Mancanegara Pastikan Hadir di Kiram Arts Festival Perbesar

Kalseldaily.com – Provinsi Kalimantan Selatan bakal menggelar event seni dan budaya skala nasional, bahkan internasional.

Bertajuk Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam, para seniman 20 negara dari Asia , Eropa hingga Afrika dipastikan hadir di Provinsi Kalimantan Selatan pada 8–12 November 2023.

Hal itu disampaikan Yadi Muriyadi, Ketua Panitia Penyelenggaraan Kiram Arts Festival menyebut para peserta masing-masing dari mancanegara sudah menghubungi panitia mengkonfirmasi akan kehadiran.

“Alhamdulilah, hingga hari ini sebanyak 20 seniman mancanegara yang konfirmasi untuk hadir di Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam,” kata Yadi Muriyadi.

Para seniman tersebut berasal dari Malaysia, Philipina, Kamboja, Thailand, Jepang, Hongkong, Taiwan, India, Zimbabwe, Ghana.

Selanjutnya, juga ada dari Australia, New Caledonia, New Zealand, Inggris, Swedia, Italia, Jerman, Colombia dan Belanda.

“Para peserta mancanegara, mereka seniman terbaik di negaranya,” ucap Yadi.

Sementara seniman nasional yang akan hadir dari Kalimantan, Aceh, Riau, NTB, Bali, Yogjakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tentunya, ungkap Yadi, Kiram Arts Festival Kalsel ini didukung penuh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan berterima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi para seniman luar negeri, untuk memeriahkan gelar yang bertema “Bergerak melalui Seni dan Budaya”.

Menurut dia lagi, kegiatan yang akan menampilkan berbagai kesenian, dari seni tari, seni musik, sastra, teater hingga seni lukis tersebut juga dipastikan diikuti para seniman terkemuka di berbagai provinsi di Indonesia.

“Karena nantinya ada juga kegiatan workshop, lokakarya, pameran dan lain sebagainya,” ucap Yadi.

Kegiatan ini juga diikuti seniman lokal Kalsel dari 13 kabupaten/kota, hingga kesenian daerah Kalsel bisa diliat baik dari peserta nasional hingga internasional.

Menurut dia, sesuai harapan Gubernur Paman Birin, dengan kegiatan akbar ini, seni budaya Kalsel bisa terus eksis, selain ingin menunjukkannya ke dunia akan kayanya khazanah seni budaya Kalsel sebagai Babussalam.

Demikian juga sebagai bentuk pertukaran pengetahuan seni budaya antar provinsi hingga antar negara.

“Kami berharap dukungan masyarakat luas agar penyelenggaraan ini bisa sukses, karena membawa nama baik daerah dan negara,” ucapnya.

 

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah