Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Ini Faktor Penyebab Hujan Es Di HST


 Ilustrasi hujan es (Istimewa) Perbesar

Ilustrasi hujan es (Istimewa)

Kalseldaily.com – Fenomena alam, hujan es terjadi di wilayah Desa Kambat dan Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Minggu (22/10/2023). Fenomena itu ternyata merupakan cuaca alamiah yang sudah biasa terjadi.

 

Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor, Karmana membenarkan hujan es itu, menurutnya beberapa waktu sebelum kejadian telah terpantau jika ada penampakan awan kuning atau awan Cumulonimbus (CB) di wilayah HST pada citra radar BMKG.

 

“Fenomena hujan es adalah cuaca alamiah yang sudah biasa terjadi, faktor penyebabnya adalah ketika suatu wilayah sedang mengalami peralihan musim atau pancaroba dan ada awan CB,” ujar Karmana, Minggu malam (22/10).

 

Karmana menambahkan jika yang membedakan proses terjadinya hujan es yakni pada proses kondensasi atau penguapan. Proses kondensasi merupakan saat uap air berubah menjadi partikel-partikel es yang dipengaruhi oleh suhu udara rendah di ketinggian.

 

“Perlu diketahui penyebab hujan es yang paling utama adalah pembekuan pada proses kondensasi ini,” lanjutnya.

 

Tepatnya saat ada pengembunan mendadak akibat pergerakan massa udara naik dan turun sangat kuat di dalam awan CB. Hingga massa udara yang sangat kuat membentuk partikel es yang besar, itulah penyebab hujan es dan proses yang sebenarnya terjadi.

 

Hujan es adalah hujan lokal dengan luas berkisar 5-10 km saja. Sedangkan durasi hujan es pun singkat, paling lama 10 menit, terjadinya hujan es seperti ini lebih sering pada siang atau sore hari.

 

“Di Kalsel terutama di HST sedang berlangsung musim pancaroba dan banyak terbentuk awan Cb yang dapat memicu terjadinya hujan es,” tutupnya.

 

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah