Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

14 Ton Bantuan Pangan Tahap Dua Disalurkan, Paman Birin Minta Distribusi Tepat Sasaran


 Pelepasan bantuan pangan cadangan beras pemerintah di di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Tanah Laut, Senin (6/11) pagi. Foto Biro Adpim/Ry Perbesar

Pelepasan bantuan pangan cadangan beras pemerintah di di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Tanah Laut, Senin (6/11) pagi. Foto Biro Adpim/Ry

 

Kalseldaily.com – Bantuan pangan berupa beras tahap dua mulai disalurkan ke warga Tanah Laut.  Bantuan disalurkan mulai September hingga November 2023.

Barisan truk yang berisi bantuan pangan pemerintah dilepas keberangkatanya oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulkan di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Tanah Laut, Senin (6/11) pagi.

Keberangkatan ditandai dengan pengibasan bendera start menuju 11 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut.

Berdasarkan data Bulog Kalsel, bantuan akan didistribusikan kepada 14.699 penerima manfaat perbulan. Di mana masing-masing penerima akan mendapatkan 10 kg beras per alokasi penyaluran.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulkan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas bantuan pangan yang diberikan.

Menurut Paman Birin, penyaluran bantuan beras sebanyak 14 ton ini memberikan dampak penting bagi pengendalian inflasi di sektor pangan, melengkapi upaya pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga beras di  bawah gejolak pengaruh el nino atau kekeringan.

Dan yang tidak kalah penting, tujuan berharga yang ingin dicapai dari program ini adalah terpenuhinya kebutuhan pangan bagi masyarakat yang berpendapatan rendah.

Paman Birin menekankan, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam distribusi beras bulog ini, baik di tingkat instansi vertikal maupun pemerintah kabupaten tanah laut, agar benar-benar mewujudkan distribusi beras yang tepat sasaran.

“Pastikan akurasi dan validitas data keluarga penerima manfaat, yang artinya warga tersebut memang terpantau layak menerima bantuan,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman mengatakan, untuk memastikan penyaluran tepat sasaran pihaknya akan mengecek ke lapangan.

“Pembagian beras jangan dimainkan, Saya nanti cek di kecamatan satu persatu, berasnya jangan dibagi menjadi 5 kilo, tetap mendapat 10 kilo,” sebutnya.

Disebutkan Syamsir Rahman, selain bantuan pangan dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi juga menyiapkan cadangan pangan bila terjadi bencana, saat ini stoknya mencapai 500 ton yang disimpan di Bulog.

Salah satu penerima manfaat, Imam mengatakan, mengucapkan terimah kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah.

Menurutnya, beras seberat 10 kg dapat mencukupi selama satu bulan ke depan. ” Alhamdulillah terima kasih, ini dapat mencukupi selama 1 bulan,” tutup Imam warga Angsau.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah