Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Setelah Keliling Dunia, KRI Dewaruci Sandar di Banjarmasin selama Tiga Hari


 Setelah Keliling Dunia, KRI Dewaruci Sandar di Banjarmasin selama Tiga Hari Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menyambut kedatangan taruna-taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berkunjung ke Kalimantan Selatan.

 

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini sambut hangat kedatangan 186 orang taruna/i AAL yang datang menggunakan KRI Makassar 590 dan KRI Dewaruci di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, pada Rabu (11/15) pagi.

 

Kedatangan Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-71 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Jalasesya tahun 2023 menggunakan dua KRI yaitu KRI Dewaruci dan KRI Makassar – 590 dengan rute pelayaran Surabaya – Banjarmasin – Banyuwangi – Surabaya di bawah Perwira pelaksana latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo.

 

Kedatangan kapal legendaris dengan julukan Sang Legenda, kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kalsel Babussalam.

 

Tampak di atas tiang-tiang kapal, terdapat bendera dari berbagai negara yang sudah disambangi oleh kapal layar tipe Barquentine itu.

 

Diketahui, KRI Dewa Ruci sendiri merupakan kapal latih bagi taruna atau kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berbasis di Surabaya.

 

Setiap tahunnya, kadet AAL berlayar menggunakan KRI Dewa Ruci ke berbagai belahan dunia untuk berlatih pelayaran bintang atau disebut Kartika Jala Krida.

 

“Kami sangat bangga karena TNI Angkatan Laut merupakan kebanggaan dan pionir masyarakat Indonesia. Karena kita tahu, Indonesia sebagian besar merupakan lautan. Merekalah yang menjaga kedaulatan di laut, terutama perbatasan,” ucap Paman Birin setelah melakukan upacara penyambutan.

 

Paman Birin juga menyampaikan bahwa kedatangan dua buah kapal milik TNI-AL ini adalah bukti dedikasi dan profesionalisme TNI-AL dalam menjaga kedaulatan negara di lautan Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, Paman Birin menaruh harapannya agar latihan praktek Jalasesya para Taruna/i Tingkat II AAL Angkatan 71 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Latihan ini ujar Paman Birin, penting untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Taruna/i AAL dalam melaksanakan tugas negara di masa mendatang.

 

“Latihan ini penting guna meningkatkan kualitas dan kemampuan Taruna AAL agar siap melaksanakan tugas negara di masa mendatang. Saya yakin, dengan semangat bela negara yang tinggi, para Taruna AAL akan melewati latihan ini dengan baik,” sampai Paman Birin.

 

Paman Birin juga mengingatkan bahwa latihan ini adalah ajang pembuktian diri untuk menjadi Prajurit TNI AL yang andal dan oleh karena itu Taruna/i AAL diharapkan dapat memberikan yang terbaik

 

“Ingatlah bahwa latihan ini adalah ajang pembuktian diri untuk menjadi prajurit TNI AL yang andal. Oleh karena itu, berikan yang terbaik dan penuhi tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” pesan Paman Birin.

 

Paman Birin juga berharap kunjungan KRI Makassar 590 dan KRI Dewaruci ini dapat mempererat hubungan baik dan kerjasama antara TNI AL dan Pemprov Kalsel.

 

Sementara itu, Komandan KRI Makassar 590, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hartanto, S.H, M.Tr.Opsla dalam wawancara menyampaikan, bahwa tujuan pelayaran ke Kalsel kali ini latihan praktek Jayasesya.

 

Dimana nantinya, sejumlah kegiatan akan mereka lakukan di laut dan juga di daratan.

 

Kegiatan pelayaran kali ini adalah dalam rangka kita mendukung latihan praktek Jayasesya Taruna Tingkat II AAL, Angkatan ke-71.

 

“Kita datang dengan KRI Makassar 590 dan KRI Dewa Ruci, yang masih dalam perjalanan. Nanti mereka akan praktek di laut tentang masing-masing keilmuan di kecabangan atau corpsnya. Sedangkan saat di darat, mereka akan melaksanakan kegiatan interaksi dengan masyarakat, berupa bakti sosial, bersih-bersih, tanam mangrove serta nanti mereka akan berkunjung ke SMA-SMA untuk mempromosikan Akademi Angkatan Laut,” sampainya.

 

Selama tiga hari, KRI Dewaruci akan dibuka untuk umum agar warga bisa berkunjung untuk melihat langsung kapal legendaris Indonesia itu.

 

“Selama dua kapal ini di Banjarmasin, kami persilakan bagi masyarakat untuk bisa melihat lebih dekat sampai matahari tenggelam,” pungkasnya.

 

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah