Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Kemeriahan Harjad Tala ke-58, Paman Birin Ajak Selalu Bersyukur atas Capaian dan Nikmat Kemerdekaan


 Kemeriahan Harjad Tala ke-58, Paman Birin Ajak Selalu Bersyukur atas Capaian dan Nikmat Kemerdekaan Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri puncak peringatan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tanah Laut yang di gelar di halaman Kantor Bupati Tanah Laut pada Selasa (5/12) pagi.

Paman Birin hadir didampingi alim ulama, pimpinan Forkopimda Kalsel dan Kabupaten Tala, sejumlah Kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut dan Pimpinan Instansi Vertikal

Tampak hadir juga sejumlah Penjabat (Pj) Bupati di Kalsel. Diantaranya Pj. Bupati Batola Mujiyat, Pj. Bupati HSS Hermansyah serta Pj. Bupati HSU Zakkly Aswan, Sekda Kabupaten Tanah Laut, H Dahnial Kifli, para mantan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Laut.

Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut ke-58 mengangkat tema “Bergerak Bahimat, Tanah Laut Tangguh.” Tema ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kegigihan dalam menghadapi segala rintangan, Bahimat dalam Bahasa Banjar bermakna bekerja keras atau bergerak dengan usaha yang terbaik.

Acara dibuka dengan kedatangan Paman Birin yang disambut pengalungan bunga oleh Pj. Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman serta diiringi oleh tarian topeng reog, tari Banjar, dan hadrah.

Tarian topeng reog dan tari Banjar melambangkan dua kebudayaan Jawa dan Banjar yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

Rangkaian kemeriahan perayaan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut ke-58 dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pembangunan, penyerahan bantuan mobil dari Pemkab Tanah Laut kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1009/Tanah Laut, Pengadilan Negeri Pelaihari dan Kejaksaan Negeri Pelaihari serta penyerahan piagam penghargaan kepada Pemkab Tanah Laut dari sejumlah Kementrian yang diserahkan dan disaksikan oleh Paman Birin.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Quran Martapura, Alimmul Fadhil Alhafidz TGH. Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan yang dilanjutkan dengan melantunkan ayat suci Al Qur’an.

Kemudian diikuti dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanah Laut yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Laut, setelahnya para tamu undangan diajak menyaksikan video profil kabupaten tanah laut yang menggambarkan visual potensi pertanian, perikanan dan pariwisata, ruang terbuka hijau serta potensi sumber daya alam di Kabupaten Tanah Laut dilanjutkan dengan hiburan mamanda yang merupakan salah satu kesenian pertunjukan daerah khas Kalsel yang menjadi bagian menarik dari perayaan tersebut.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalsel, mengucapkan selamat Hari Jadi ke-58 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut. Mudah-mudahan, momentum Hari Jadi ini dapat menjadi pendorong semangat bagi seluruh elemen masyarakat dan Pemkab Tanah Laut untuk terus berkarya memajukan daerah, bangsa, dan negara,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menuturkan, bahwa Banua kita bagaikan sehelai kain dari surga berkat sinar dari para ulama, terutama dua ulama besar Kalsel, yakni Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, dan KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

“Sinarnya Banua telah membuat Banua bersinar, cahaya ilmunya yang dipancarkan ke seluruh Banua kita lewat para ulama yang tentu saja, cahaya tersebut berasal dari cahaya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, kemudian sampailah kepada kita semua,” kata Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin mengapresiasi upaya pembangunan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Tanah Laut, khususnya di bidang kesehatan.

Tak hanya itu, Paman Birin juga melihat banyak inovasi yang terus berkembang di Kabupaten Tanah Laut melalui kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Bahkan tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalsel memberikan apresiasi melalui ajang Kalsel Innovation Awards atas berbagai inovasi yang digagas dan diimplementasikan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Ini membuktikan semangat kemandirian, kebersamaan, dan kemajuan yang tinggi di Tanah Laut,” sambungnya.

Mengakhiri sambutannya, Paman Birin mengajak untuk selalu bersyukur atas segala bentuk capaian yang telah diraih, serta menyoroti pentingnya bersyukur terhadap nikmat kemerdekaan.

Menurutnya, dengan menjalani sikap bersyukur, kenikmatan akan terus bertambah.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi ini sebagai momentum untuk bersyukur, bersyukur dan bersyukur atas segala capaian yang telah diraih Kabupaten Tanah Laut hingga usianya yang ke-58, di tahun 2023 ini. Dirgahayu Tanah Laut, tetap tangguh, dan terus bergerak maju,” tutup Paman Birin.

Sebelumnya, Pj. Bupati Kabupaten Tanah Laut, H. Syamsir Rahman menyampaikan sambutannya, ia mengungkapkan rasa bangga dan terimakasihnya atas kunjungan Gubernur Kalsel yang turut memeriahkan perayaan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut ke-58.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Tanah Laut dan jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Laut mengucapakan Terimakasih tak terhingga kepada Paman Birin, yang telah berkenan hadir di acara ini, merupakan suatu kehormatan bagi kami dan masyarakat Tanah Laut,” ujarnya.

Syamsir memaparkan keberhasilan yang telah dicapai melalui kualitas sumberdaya manusia yang terus berinovasi dan menerapkan teknologi pembangunan, peningkatan pelayanan masyarakat, kesiap-siagaan menghadapi bencana, kemajuan ekonomi, ketenagakerjaan, serta perencanaan keuangan dan tata kelola pemerintahan telah membawa kabupaten ini meraih penghargaan WTP sebanyak 10 kali berturut-turut.

Selain itu, Syamsir menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel yang konsisten memberikan dukungan penuh terhadap capaian pembangunan di Kabupaten Tanah Laut. Hubungan harmonis antara kabupaten dan provinsi diharapkan terus terjaga, mengingat keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tanah Laut juga merupakan keberhasilan bagi Provinsi Kalsel.

Syamsir berharap hubungan antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi selalu terjaga baik demi kesuksesan pembangunan di daerah Kalsel.

“Mudah-mudahan hubungan baik ini selalu terjaga karena keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tanah Laut merupakan keberhasilan bagi Provinsi Kalsel,” harapnya.

Acara kemudian diakhiri dengan Prosesi pemotongan nasi Astakona oleh Paman Birin didampingi Pj. Bupati Tala, H. Syamsir Rahman beserta para alim ulama Kalsel yang hadir diacara tersebut.

Dilanjutkan kunjungan Paman Birin ke stan kuliner gratis yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk menjamu masyarakat yang hadir. Selanjutnya, Paman Birin menikmati hidangan durian bersama dengan para hadirin, menciptakan momen akrab dan bersatu dalam kebersamaan. (ril/adpim)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah