Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Paman Birin Raih Apkasindo Award 2023, Komitmen Dukung Pengembangan Kelapa Sawit Berkelanjutan


 Paman Birin Raih Apkasindo Award 2023, Komitmen Dukung Pengembangan Kelapa Sawit Berkelanjutan Perbesar

Kalseldaily.com – Bertepatan dengan HUT Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) ke-23 dan upaya untuk memastikan sawit Indonesia terus berkelanjutan serta memberikan kesejahteraan kepada keluarga besar petani sawit di Indonesia, DPP Apkasindo memberikan Penghargaan “Apkasindo Award“ kepada Kepala Daerah, Asosiasi dan Praktisi yang telah dinilai memiliki komitmen dalam pengembangan kelapa sawit secara berkelanjutan di daerah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (7/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPD Apkasindo) di seluruh Indonesia dengan menghadirkan beberapa pakar, praktisi dan narasumber yang kompeten dibidangnya dengan mengambil tema “ Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Pilar Ekonomi Indoneia “.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Erlangga Hartarto,
Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang akrab disapa dengan Paman Birin merupakan satu-satunya Kepala Daerah yang menerima apresiasi Apkasindo Award 2023 yang penerimaanya melalui oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Kalsel yang juga Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, drh. Suparmi yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Bapak Erlangga Hartarto mewakili Presiden Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini juga Provinsi Kalimantan Selatan menerima 2 (dua) penghargaan sekaligus, dimana selain kepada Gubernur Kalsel penghargaan juga diberikan kepada Ketua Koperasi Kelapa Sawit yaitu Koperasi Sawit Makmur dari Kabupaten Tanah Laut sebagai satu-satunya koperasi sawit di Indonesia yang telah memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Mendapatkan apresiasi penghargaan dari Apkasindo, Paman Birin menyampaikan komitmen Pemprov Kalsel untuk pengembangan perkebunan dan peternakan di Banua.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus bergerak menyejahterakan rakyat melalui perkebunan dan peternakan,” kata Paman Birin.

Paman Birin menyebut, inovasi Siska Ku Intip (Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma) terbukti berhasil. Inovasi ini untuk peningkatan produksi dan populasi sapi melalui pemanfaatan lahan sawit inti-plasma, pemanfaatan limbah industri sawit dan pelepah sawit untuk pakan ternak, penguatan pembiayaan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan penguatan rantai pasok ternak dan hasil ternak.

Sebelum program Siska Ku Intip dilaksanakan di Kalsel, Paman Birin menyebut budidaya ternak sapi di Kalsel bersifat tradisional, biaya produksi sapi yang tinggi, penggembalaan sapi di kebun sawit kurang efisien baik dari segi waktu, biaya dan tenaga karena sapi digembalakan secara lepas liar.

“Alhamdulilah, setelah adanya program Siska Ku Intip, pola produksi sapi telah berubah menjadi berbiaya rendah karena memanfaatkan sumber pakan yang ada di kebun sawit, pekebun dan peternak pun sejahtera,” ungkap Paman Birin. (ril/adpim)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah