Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Pendidikan

Paman Birin Berbagi Kebahagiaan di Peringatan Hari Guru 


 Gu Perbesar

Gu

Kalseldaily.com – Gubernur Kalimantan Selatan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Gebyar Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar Sabtu (16/12) siang.

Gebyar Hari Guru Nasional yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dihadiri insan pendidikan dari SMA SMK se Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelantikan Dewan Kesenian (DKKS) Provinsi Kalimantan Selatan periode 2023 -2028 dan pelantikan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) periode 2023 -2028 oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah dilakukan insan pendidikan dalam membangun Sumber Daya Manusia di banua.

“Ulun mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang selama ini dilakukan guru dalam mendidik anak-anak kita dibanua,” kata Paman Birin.

Menurut Paman Birin, serangkaian kegiatan hari ini meliputi dua urusan pembangunan yang mendasar bagi daerah, yaitu pembangunan bidang sosial dan pendidikan.

“Dari pelantikan pengurus IPSM, kita sedang membangun kekuatan dan mata rantai penanganan sosial berbasis masyarakat. Keterlibatan IPSM ini akan selalu kita butuhkan, karena permasalahan sosial di masyarakat masih ada, seperti kemiskinan ekstrem, korban bencana alam, permasalahan narkoba, disabilitas terlantar dan sebagainya, yang membutuhkan peran aktif masyarakat untuk mengatasinya.

Demikian pula dari pelantikan dewan kesenian dan lomba-lomba seni dan olahraga, yang dikemas dalam rangka hari guru nasional ini, juga menjadi gambaran dan kenyataan bahwa Pemprov Kalel terus bergerak untuk membangun pendidikan, olahraga dan seni agar lebih maju lagi.

Disampaikan Paman Birin, kehadiran berbagai organisasi seperti Dewan Kesenian Kalsel, IPSM dan perlombaan berbagai seni dan budaya sangat diperlukan, khususnya dalam membentuk kolaborasi pembangunan secara lintas sektor.

Pada kegiatan ini, Paman pun berbagi kebahagiaan dengan memberi hadiah kepada insan pendidikan yang mampu menjawab pertanyaan darinya. “Ulun minta lima orang perempuan dan 5 orang laki laki naik ke atas panggung,” ucapnya.

Paman Birin pun memberikan pertanyaan kepada perwakilan guru perempuan dan guru laki-laki. “Coba sebutkan nama Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kalimantan Selatan,” tanya Paman Birin.

Pertanyaan tersebut pun dijawab oleh yaitu Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kalimantan Selatan adalah Taufik Arbain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan Muhammadun mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional bertujuan memberikan penghormatan dan apresiasi kepada guru-guru di banua, mengakui dedikasi serta kontribusi mereka dalam membentuk masa depan banua melalui pendidikan.

Disampaikan Madun, rangkaian hari guru ini juga diisi dengan perlombaan diantaranya pantun, paduan suara, voli, tenis meja, baca puisi, dan menyanyi.

Ketua IPSM Provinsi Kalimantan Selatan Gandes Pratiwi usai dilantik berharap pihaknya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

“IPSM Kalsel ini sangat penting dan memiliki nilai strategis. Karena akan menjadi mitra pemerintah khususnya Dinas Sosial, dalam menyiasati langkah pembangunan kesejahteraan sosial,” katanya.

Menurutnya, jumlah pengurus yang dilantik sebanyak 40 orang dan anggota IPSM Kalsel sebanyak 850 yang tersebar di 13 Kabupaten Kota.

Tim Editor

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Duh, SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin Tak Miliki Siswa Baru

10 July 2024 - 19:23

Tim Relawan Yaga Yingde Group Kalsel Salurkan Bantuan Pendidikan

27 June 2024 - 12:07

Banjarmasin Tuan Rumah MTQ Internasional Tahun 2024

2 March 2024 - 08:52

Kolaborasi LPSR dan UNISKA Banjarmasin Beri Pelatihan Literasi Media Sosial dan Pariwisata Bagi “Acil-acil” Pasar Terapung

19 February 2024 - 07:03

HUT ke-49 SMAN 7 Banjarmasin, Ini Pesan Paman Birin

18 February 2024 - 11:02

Pengurus BKPRMI Kalsel Resmi Dilantik, Komitmen Tingkatkan Potensi Remaja Masjid

9 February 2024 - 19:39

Trending di Daerah