Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Paman Birin Salurkan Bantuan ke Wilayah Banjir Barabai


 Paman Birin Salurkan Bantuan ke Wilayah Banjir Barabai Perbesar

 

Kalseldaily.com – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, menanggapi tingginya intensitas hujan yang melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan, khususnya di wilayah Hulu Sungai, dengan mengirimkan bantuan logistik ke daerah terdampak.

Salah satu daerah yang terkena dampak signifikan adalah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, termasuk Kecamatan Hantakan, Batu Benawa, dan Kecamatan Barabai.

Bantuan logistik tersebut diserahkan langsung oleh Paman Birin kepada Kepala BPBD HST, Ahmad Apandi, di Kantor BPBD HST pada Rabu (3/1).

Paman Birin memberikan instruksi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi lintas sektor untuk segera mengambil langkah-langkah nyata membantu daerah terdampak.

“Segera lakukan langkah-langkah nyata membantu daerah terdampak, baik pengerahan personel, peralatan, atau bantuan logistik,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga menekankan pentingnya peningkatan koordinasi antara BPBD Kalsel dan instansi terkait untuk melakukan mitigasi bencana banjir atau air pasang secara lebih komprehensif.

Meskipun infrastruktur pengurangan risiko banjir telah dibangun di sejumlah daerah kabupaten/kota, seperti bendungan, drainase, atau kanal, Paman Birin menilai perlunya memantapkan langkah analisis atau kajian risiko bencana.

Dalam upaya menghadapi situasi ini, terus dilakukan koordinasi dan peningkatan kesiapsiagaan melalui pengerahan personel dan peralatan.

Kabid Pencegahan dan  Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi mengatakan, hasil tinjauan dan analisis oleh Tim BPBD Provinsi Kalimantan Selatan dan BPBD Kabupaten HST menunjukkan bahwa genangan air masih terlihat di wilayah perkotaan dan sebagian wilayah kecamatan Batu Benawa dan Hantakan.

“Tinggi air pada malam hari mencapai sekitar 30 sampai 40 cm, menggenangi sejumlah permukiman warga. Genangan air disebabkan oleh meluapnya Sungai Utama di Kecamatan Kota Barabai pada malam hari, yang mengenangi jalan raya. Meski tingkat air mulai menurun setelah hujan reda beberapa jam,” tutupnya.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah