Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Dinsos Kalsel Siagakan Tagana 24 Jam Antisipasi Bencana Hidrometeorologi


 Dinsos Kalsel Siagakan Tagana 24 Jam Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Perbesar

 

Kalseldaily.com – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiagakan puluhan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) selama 24 jam sebagai langkah antisipasi menghadapi potensi bencana hidrometeorologi di musim hujan sekarang ini.

Potensi bencana hidrometeorologi di musim hujan yang perlu diwaspadai, antara lain angin puting beliung, banjir, tanah longsor dan gelombang pasang air laut.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Kalsel, Achmadi mengatakan sebanyak 33 anggota Tagana disiagakan 24 jam dengan sistem shift untuk memudahkan informasi, koordinasi, dan penanganan bencana ketika terjadi bencana pada saat yang tidak terduga. Apalagi jika bencana itu terjadi pada malam hari sehingga bisa lebih cepat melakukan penanganan untuk mengurangi risiko bencana.

“Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan secara bergantian siaga di posko bencana di kantor kami selama 24 jam,” katanya di ruang kerjanya, Kamis (4/1).

Selain itu, lanjut Achmadi, pihaknya telah menyiapkan logistik untuk didistribusikan kepada masyarakat saat terjadi bencana selama musim penghujan. Kemudian juga persiapan peralatan, diantaranya empat perahu karet yang bisa dimobilisasi kemana saja dan kapan saja serta peralatan “Vertical Resque” untuk mengevakuasi korban bencana.

“Kami juga minta agar Dinsos Kabupaten/Kota di Kalsel untuk mengaktifkan kembali posko-posko bencana. Apalagi daerah kantong-kantong bencana hidrometeorologi seperti di Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tanah Laut, Banjarbaru Tanah Bumbu dan Kotabaru,” jelasnya.

Achmadi menambahkan pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada masyarakat agar siap menghadapi bencana melalui pembentukan kawasan siaga bencana dan kampung siaga bencana. Hal tersebut, menurutnya, sebagai langkah strategis untuk mengurangi resiko bencana yang terjadi.

Dinsos Kalsel juga telah memberikan bantuan logistik kepada 30 lumbung sosial yang tersebar di kecamatan se Kalsel untuk kesiapsiagaan.

“Ini sesuai perintah Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kepada semua jajaran SKPD terkait, termasuk Dinas Sosial untuk melakukan langkah-langkah progresif memberikan bantuan sebagai percepatan penanganan bencana oleh Pemprov Kalsel,” tutupnya.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

3.096 Pelamar Bersaing di Job Fair Kalsel 2024

22 July 2024 - 15:03

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Trending di Daerah