Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

ASN Pemprov Kalsel Gelar Aksi Bersih-Bersih, Sebanyak 4,39 Ton Sampah Dikumpulkan


 ASN Pemprov Kalsel Gelar Aksi Bersih-Bersih, Sebanyak 4,39 Ton Sampah Dikumpulkan Perbesar

Banjar – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang jalan Ahmad Yani Km 4 Banjarmasin hingga Km 17 Gambut, Banjar pada Jum’at (19/1) pagi.

Aksi bersih-bersih ini sesuai dengan arahan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dengan leading sektor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun 4 sampai 5 SKPD berkolaborasi dengan TNI dan petugas kebersihan membersihkan 1 titik dari 15 titik yang sudah ditentukan.

Aksi ini dilakukan sebagai langkah proaktif untuk menghindari genangan air yang dapat memicu banjir di berbagai daerah.

ASN dengan semangat gotong royong membersihkan sampah-sampah
yang dapat menyumbat aliran air, termasuk daun-daun yang dapat menjadi penyebab tersendatnya aliran air hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, aksi bersih-bersih ini merupakan bagian dari program merdeka sampah jalan protokol yang melibatkan SKPD Pemprov Kalsel dan Kabupaten Banjar.

“Sebenarnya ini menjadi kewajiban teman-teman kabupaten kota, tentunya provinsi bisa menjadi contoh yang baik karena persoalan sampah bukan hal yang sepele,” katanya.

Menurut Hanifah, sampah dapat menyumbat drainase sungai dan bisa menjadi genangan tempat dimana nyamuk bisa berkembang biak.

“Musim hujan bisa menjadi penyebab banyaknya penyakit, sampah ini juga secara estetika sangat tidak menarik untuk menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kabupaten kota untuk melakukan tindakan preventif yang serupa. Dengan demikian, diharapkan risiko banjir dapat diminimalkan.

Dalam aksi merdeka sampah itu, setidaknya selama kurang lebih 2 jam pelaksanaan aksi sebanyak 225 kantong sampah atau total 4,39 ton sampah berhasil dikumpulkan. Sampah yang didominasi plastik tersebut, dikirim ke TPA Regional Banjarbakula, TPA Cahaya Kencana kabupaten Banjar, dan TPA Basirih Banjarmasin.

Selain ratusan ASN lingkup pemerintah provinsi Kalsel, aksi bersih – bersih ini juga melibatkan para petugas kebersihan kota Banjarmasin dan kabupaten Banjar, serta unsur TNI. Termasuk masyarakat sekitar, yang ikut tergerak membantu kegiatan bersih – bersih ini.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah