Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Pengunjung Mancanegara Lirik Kerajinan Marmer HST di Pameran Terbesar se-ASEAN


 Pengunjung Mancanegara Lirik Kerajinan Marmer HST di Pameran Terbesar se-ASEAN Perbesar

Kalseldaily.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Dekranasda HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengenalkan produk marmer pada pameran kerajinan terbesar se-ASEAN, International Handycraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Center.

“Kami menampilkan salah satu potensi Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang sedikit berbeda dari daerah lain, yakni kerajinan marmer,” kata Bupati Hulu Sungai Tengah Aulia Oktafiandi saat dikonfirmasi di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Kamis.

Ia menyebutkan usai menghadiri secara langsung pembukaan Inacraft di Jakarta pada Rabu (28/2), kegiatan tersebut menjadi momentum mempromosikan potensi kerajinan daerah di kancah internasional guna mendukung penuh industri kerajinan lokal.

“Kerajinan marmer ini diolah oleh para perajin lokal dari Kecamatan Batang Alai Timur, kita mengenalkan kepada pengunjung pameran di Jakarta bahwa kerajinan ini murni menggunakan bahan lokal dari alam,” ujarnya.

Aulia menuturkan beberapa pengunjung Inacraft 2024 khususnya dari mancanegara, tertarik dan melirik hasil kerajinan marmer asal Hulu Sungai Tengah tersebut.

Dia berharap kerajinan lokal tersebut semakin dikenal di nasional hingga mancanegara guna meningkatkan perekonomian perajin lokal di Hulu Sungai Tengah.

Selain marmer, Dekranasda HST juga mengenalkan kerajinan kursi dan meja ecobrick, pernak pernik dari kain perca, tas ecoprint, tas berbahan eceng gondok, gelang, gantungan hiasan, kipas sasirangan, syal sasirangan, sajadah sasirangan.

Kemudian, bantal sulam, totebag, pouch dan selempang sasirangan, note book sasirangan, tas dari bambu, bunga anggrek dari stoking dan akrelik, kain sasirangan pewarna alami dan pewarna kimia, dan kerudung sasirangan.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda HST Cheri Bayuni Budjang beserta Wakil Ketua Dekranasda HST Fauziah Hasby, didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Pemerintah daerah mendukung penuh peningkatan kualitas kerajinan lokal dari Hulu Sungai Tengah, tentunya kita berharap level perajin lokal semakin meningkat,” ujarnya lagi.

Sementara, Inacraft 2024 yang sudah dibuka pada Rabu kemarin itu, akan berlangsung hingga 3 Maret 2024 menampilkan berbagai produk kerajinan dari berbagai daerah.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah