Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Kalsel Jadi Gerbang Logistik Kalimantan


 Kalsel Jadi Gerbang Logistik Kalimantan Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 Provinsi Kalsel , di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Rabu (24/4/2024).

Menurut Paman Birin ke depan Kalsel disiapkan menjadi gerbang logistik pulau Kalimantan. Hal ini juga berkait dengan keberadaan IKN di Kaltim.

“Seluruh jajaran terkait di Pemprov Kalsel agar melakukan koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten kota se Kalsel dalam menyiapkan arah pembangunan ke depan guna menyiapkan Kalsel selaku gerbang logistik di Pulau Kalimantan,” kata Paman Birin usai Musrenbang.

Ia berharap jajaran Pemprov Kalsel dan pemerintah kabupaten kota berkolaborasi  dalam menyusun perencanaan program pembangunan ke depan.

“Susun rencana pembangunan secara terpadu dan terintegrasi sekaligus mendukung Kalsel sebagai gerbang logistik kalimantan yang maju sejahtera berkelanjutan sekaligus mewujudkan Kalsel Babussalam,” kata Paman Birin

Dalam rangka menyusun RKPD Tahun 2025, ia minta masukan dan input dari hadirin sangatlah penting.

“Semua satuan kerja harus dapat bersama-sama memberikan kontribusi maksimal untuk pencapaian target RKPD di Tahun 2025,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bappeda Kalsel Dr Ariadi Noor mengatakan Kalsel sebagai gerbang logistik Kalimantan sesuai ketetapan Bappenas. “Artinya arus barang keluar masuk kalimantan  akan melalui Kalsel, karena itu infrastruktur dasar harus kita penuhi seperti pelabuhan, jalan dan jembatan,” kata Ariadi.

Pelabuhan akan dibangun di KEK (kawasan Ekonomi Khusus) Mekar Putih Kotabaru dengan didukung jembatan penghubung Pulau Laut – Tanah Batulicin. Pemprov Kalsel juga akan menuntaskan jalan poros Banjarbaru – Batulicin guna memperlancar perekonomian.

Selaku gerbang logistik, Kalsel akan dibagi dalam tiga klaster kawasan ekonomi yaitu klaster banua enam, Saijaan Bersujud dan Banjarbakula.

Kalsel juga bukan hanya gerbang logistik tapi juga akan menjadi lumbung logistik. “Untuk itu sesuai arahan Gubernur Kalsel, kita akan mendorong sumber daya alam terbarukan menjadi penggerak ekonomi, jadi Kalsel akan menjadi produsen bukan hanya tempat keluar masuk barang,” katanya. Ary/Jejakbanua.com

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah