Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Tak Perlu Keluar Daerah, Stroke dengan Sumbatan Bisa Ditangani di RSUD Ulin


 Tak Perlu Keluar Daerah, Stroke dengan Sumbatan Bisa Ditangani di RSUD Ulin Perbesar

Kalseldaily.com – Tak perlu berobat keluar daerah, pasien stroke dengan sumbatan bisa ditangani cepat di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin. Pasalnya, saat ini RSUD Ulin sudah memiliki layanan neurointervensi, dimana pasien yang baru mendapat serangan stroke bisa segera ditangani dengan kateterisasi otak.

Layanan tersebut, disebut hampir sama dengan pemeriksaan kateterisasi jantung. Namun, jika jantung dipasang di lengan, kateterisasi otak dipasang di bagian paha, sebagai alat untuk melihat apakah terdapat sumbatan di otak atau tidak.

Dokter spesialis saraf dan ahli neurologi intervensi staf KSM Ilmu Penyakit Saraf RSUD Ulin Banjarmasin, Dr. Muhammad Welly Dafif, mengatakan dari hasil kateterisasi itu, proses penyembuhan akan lebih cepat, dengan komplikasi yang sangat minim, termasuk mencegah kecacatan pasien stroke.

Namun dengan catatan, pengobatan hanya bisa diterima pasien yang langsung datang beberapa jam setelah serangan.

“Saya ingin menjelaskan bahwa ini sudah dilaksanakan sebetulnya di tempat kita dan pasiennya juga sudah puluhan. Alhamdulillah, berkat dukungan Pemprov Kalsel dan manajemen rumah sakit kita bisa melaksanakan itu. Mei 2023 sudah kita laksanakan, alhamdulillah sudah 280an sudah pasiennya kita tangani dengan angka komplikasi kurang 2 persen dengan luka operasi kurang dari 3 mili dan masa penyembuhan 2-3 hari sudah bisa pulang rata-rata,” katanya.

Sementara, Direktur RSUD Ulin, Dr. Diauddin, menyebut layanan neurointervensi ini merupakan pertama dan satu-satunya di Kalsel. Layanan bisa diakses pasien dengan menggunakan BPJS.

“Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan bahwa ini sudah dilaksanakan sebetulnya di tempat kita dan pasiennya juga sudah puluhan dan alhamdulillah banyak yang sudah merasakan manfaat pelayanan kateterisasi otak sementara ini di tempat kita satu-satunya dan dicover BPJS,” katanya.

Bukan hanya untuk penanganan stroke, di tahun ini RSUD Ulin Banjarmasin juga akan mengembangkan layanan untuk kanker dengan alat tercanggih. Sementara baru-baru tadi RSUD Ulin juga telah melakukan operasi prostat dengan teknologi laser, sembuh lebih cepat dan tanpa efek samping.

Tim Editor

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah