Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Paman Birin Harap Warga Maluku Jaga Harmoni Sosial dan Berkontribusi Bagi Banua


 Paman Birin Harap Warga Maluku Jaga Harmoni Sosial dan Berkontribusi Bagi Banua Perbesar

Kalseldaily.com – Selain mempererat tali silaturahmi, acara ini merupakan momentum penting dalam mengenang jasa dan perjuangan salah satu pahlawan besar kita, yaitu Pattimura.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah, pada perayaan HUT Pahlawan Nasional Kapiten Pattimura ke-207 sekaligus Halal Bihalal 1445H dengan tema “Warga Maluku Bersama Membangun Banua”, di Aula Makorem 101/Antasari Banjarmasin, Sabtu (18/5) malam.

Paman Birin mengatakan, perjuangan Kapiten Pattimura adalah simbol perlawanan terhadap penjajah. Semangat juangnya patut menjadi teladan dalam membangun bangsa termasuk di Banua Kalsel.

“Semangat Pattimura ini harus selalu hidup di dalam diri kita semua. Utamanya untuk melawan bentuk penjajahan modern,” ucapnya.

Paman Birin berharap, momen halal bihalal juga dinilai sangat penting dalam menjaga harmoni sosial di tengah masyarakat yang majemuk dan beragam di Kalsel.

“Kita harus selalu bersyukur atas keberagaman ini dan dapat menjadikannya sebagai modal pembangunan yang lebih baik. Saya sangat bangga dengan kebersamaan dan solidaritas yang ditunjukkan masyarakat kita khususnya warga Maluku yang ada di Kalsel,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kerukunan Warga Maluku (KWM) Kalsel, Frans Sinatra Huwae mengatakan keberadaan warga Maluku di Kalsel harus memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di Kalsel.

“Harapannya, kita warga Maluku selalu menjaga kerukunan di Kalimantan Selatan serta keberadaan kami dapat memberi sumbangsih yang besar bagi pembangunan dan warga Banua,” ungkapnya.

Lanjut Frans, di Kalsel sendiri ada sekitar 1500an warga Maluku.

“Maluku Satu Darah, potong di kuku rasa di daging. Artinya semua harus sepenanggungan. Ingat sesama saudara lah intinya. Kemana-mana bisa menjaga rasa kesatuan,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilakukan pementasan para pemuda Maluku yang semangat membawa obor Pattimura diiringi dengan Tarian Cakalele sebagai simbol Pattimura muda yang tetap semangat dalam hidup di negeri ini. (end)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah