Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Paman Birin Ground Breaking Gedung DPRD dan Rumah Dinas Gubernur di Kawasan Perkantoran Pemprov 


 Paman Birin Ground Breaking Gedung DPRD dan Rumah Dinas Gubernur di Kawasan Perkantoran Pemprov  Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah menghadiri Ground Breaking Gedung DPRD Provinsi Kalsel dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Selatan di kawasan perkantoran Gubernur Kalsel Banjarbaru, Rabu (05/06) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Prov Kalsel Supian HK, Kepala Dinas PUPR Kalsel, Tuan Guru Wildan Salman dan alim ulama lainnya, serta sejumlah Pejabat Forkopimda Kalsel seperti Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Kajati Kalsel, Danlanal, Danlanud dan Kepada SKPD Lingkup Pemprov Kalsel.

Dalam sambutannya, Gubernur Paman Birin menyampaikan ucapan selamat atas dimulainya pembangunan fisik kantor DPRD di Banjarbaru itu.

Menurut Paman Birin, pembangunan infrastruktur baik itu jembatan, jalan atau pun infrastruktur lainnya harus senantiasa berorientasi pada hajat hidup orang banyak.

Di masa yang akan datang, Paman Birin berharap, dengan pemindahan pusat ibu kota negara ke Kalimantan Timur, infrastruktur seperti pembangunan jalan kereta api atau pun angkutan massal lainnya di kawasan Kalimantan, termasuk Kalimantan Selatan dapat menjadi kenyataan.

“Insya Allah, karena pusat pemerintahan akan ada di Kalimantan Timur, ulun meyakini pada saatnya akan terwujud. Angkutan massal seperti kereta api bisa saja sampai Malaysia atau Brunai, insya Allah akan kabul hajat kita,” ucap Paman Birin penuh harap.

Beberapa hari lalu Paman Birin juga bercerita saat dirinya meninjau lokasi jalan bebas hambatan Batulicin-Banjarbaru yang sudah kelihatan prospeknya dan insya allah dalam beberapa bulan akan tersambung.

“Janjinya kepala PUPR itu bulan Agustus jalan ini akan bersambung, kita akan terus mendorong supaya jalan ini cepat selesai sehingga akan terjadi konektivitas antar wilayah di masyarakat. Dan ini juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian rakyat,” tambahnya.

Tidak hanya gedung DPRD atau pun Rumah Jabatan Gubernur Kalsel, nantinya, menurut Paman Birin di tahun 2024 akan ada beberapa kantor dinas yang juga akan di bangun di kawasan perkantoran Gubernur Kalsel, diantaranya kantor Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, KPU, Bawaslu dan lainnya.

“Karena sejatinya kantor dinas-dinas yang masih ada di Banjarmasin nantinya akan kita pindah semuanya ke komplek perkantoran gubernur Kalsel di Banjarbaru,” pungkasnya.

Untuk itu, Paman Birin meminta doa dan dukungannya kepada seluruh masyarakat dan para alim ulama agar infrastruktur yang masih belum rampung cepat diselesaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalsel Ir. Ahmad Solhan dalam laporannya menyampaikan, luas daerah kawasan gedung DPRD ini kurang lebih 2,9 hektare dengan mengadopsi desain modern serta mengadaptasi kearifan lokal “Rumah Adat Gajah Baliku” dengan penerapan Green Building.

“Dengan keterbatasan anggaran pemerintah saat ini, maka pembangunan gedung DPRD tahun 2024 ini pelaksanaan pekerjaannya hanya sampai pondasi dan struktur dengan nilai kontrak Rp48,7 Miliar,” ujarnya.

Menurutnya, nantinya pembangunan tersebut akan dikerjakan selama 225 hari kalender yang akan dikerjakan PT. Wiratama Graha Raharja perusahaan asal Surabaya Jawa Timur.

Sementara pembangunan Rumah Dinas Jabatan Gubernur dan Fasilitas Pendukung lainnya, pengerjaan pondasi dan struktur bangunan akan dikerjakan dalam waktu 225 hari kalender dengan nilai kontrak Rp. 29 miliar oleh PT. Putra Hari Mandiri.

“Tahun 2025 mendatang, akan dibangun rumah jabatan ketua DPRD Kalsel dan gedung Komando Daerah Militer X Lambung Mangkurat di kawasan ini. Dan semoga Ground Breaking dan peletakan batu pertama ini, dapat membawa dampak yang baik untuk pembangunan serta kesuksesan infrastruktur di Kalimantan Selatan,” tutupnya.

Seusai menekan sirene sebagai tanda dimulainya pembangunan Paman Birin menuju lokasi peletakan batu pertama gedung rumah jabatan gubernur Kalsel yang letaknya tidak jauh dari lokasi sebelumnya. (ril/Adpim).

Foto : M. Rezky Maulidja

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Terbesar se Kalimantan, Sapi Bantuan Presiden untuk Banua Dibeli dari Kotabaru

17 June 2024 - 11:01

Musim Kemarau di Kalsel Diprediksi Juli-Agustus

15 June 2024 - 07:09

1000 Lowongan Disiapkan Job Fair Kalsel 2024 

12 June 2024 - 19:02

Banjir yang Rendam 7 Kecamatan di Tanah Bumbu Kalsel Surut, Pengungsi Kembali ke Rumah

12 June 2024 - 06:57

Menkopolhukam dan Paman Birin Sepakat Keterbukaan Informasi Kunci Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel

11 June 2024 - 18:57

Gala Dinner Komisi Informasi se-Indonesia, Paman Birin Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi 

11 June 2024 - 18:47

Trending di Daerah