Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Titik Pertama Turdes, Paman Birin dan Acil Odah Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga Kurau, Kabupaten Tanah Laut


 Titik Pertama Turdes, Paman Birin dan Acil Odah Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga Kurau, Kabupaten Tanah Laut Perbesar

Kalseldaily.com – Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut menjadi desa pertama yang dikunjungi Paman Birin dan rombongan Turdes 2024 “Menembus Batas Ke-10″ Begerak Dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas Germas Cinta Banua.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah dan sejumlah pejabat lainnya serta H. Sandi Fitrian Noor, putra Paman Birin yang juga anggota DPR RI terpilih 2024-2029 tiba di halaman Kecamatan Kurau sekitar pukul 11.00 Wita pada Senin (1/07) pagi setelah membukan turnamen sepakbola Piala Acil Odah.

Disambut masyarakat Desa Padang Luas, mulai dari dewasa hingga anak-anak, Paman Birin dan Acil Odah disambut gemuruh tepuk tangan dan teriakan nama “Acil Odah” sepanjang jalan menuju lokasi acara.

Sebelum memberikan sambutan, Paman Birin terlebih dahulu meminta dua anak untuk maju kedepan. Dari keduanya Paman Birin memberikan pertanyaan, mulai dari pelajaran hitung menghitung hingga hafalan Pancasila. Lalu keduanya dengan lancar menjawab pertanyaan tersebut dan Paman Birin langsung memberikan hadiah uang sebesar Rp500 ribu perorang.

Melihat antusiasnya anak-anak, Paman Birin kemudian memanggil satu orang lagi untuk maju dan diminta menyebutkan sembilan nama-nama ikan. Dengan mudah Miftahul Khair siswa kelas 5 SD Kurau yang maju tersebut menjawabnya, lalu ia mendapatkan hadiah Rp500 ribu juga.

Lalu tanpa diminta, puluhan anak-anak berlari maju menghampiri Paman Birin. Melihat tingkat lucunya itu, Paman Birin tersenyum lalu menyuruhnya berbaris dan Paman Birin memberikan uang satu persatu.

“Alhamdulillah, hari ini, kita berkumpul bersama dalam keadaan sehat dan bahagia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Turdes ke-10 tahun 2024. Dan Desa Ladang Luas menjadi titik singgah pertama dalam perjalanan Turdes ke-10 ini,” ujar Paman Birin.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga menyerahkan bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan untuk Kabupaten Tanah Laut sebesar Rp80,7 Miliar rupiah.

Rinciannya, bantuan paket sembako sebanyak 128 paket senilai Rp12,8 juta, bantuan seragam PPL seblanyak 192 stel senilai Rp. 76,8 juta, bantuan JUT 6500 meter senilai Rp. 2,4 miliar, bantuan Opla 16 ribu Ha senilai Rp. 75,0 miliar, bantuan saprodi OPLA Rawa 230 Ha senilai Rp. 966 juta, bantuan saprodi Tanaman Pangan APBD Provinsi 2024 senilai Rp. 602,4 juta, bantuan saprodi tanaman pangan APBN 2024 senilai Rp50 juta, bantuan saprodi horti seluas 70 Ha senilai Rp. 1,4 miliar, dan bantuan pompa air 3inc 134 unit dan pompa air 6inc 6 unit.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat petani kita yang ada di Tanah Laut. Dan hasil pertaniannya lebih maksimal lagi di musim panen mendatang,” harapnya.

Untuk diketahui rangkaian kegiatan dalam acara tersebut mulai dari Sunatal massal, pembagian sembako, pembagian untuk anak khitan, hibah kepada BUMDes, penanaman pohon, bantuan untuk anak sekolah, penyerahan paket peternatakan dan perkebunan, pemberian produk ikan olahan, pembagian bendera merah putih, pemberian baperstock untuk penguatan logistic kebencanaan, bantuan APAR/Tas Siaga Bencana, Bantuan anak dan remaja pembagian buku pahlawan nasional kalsel kepada HDC 45, dan pembagian bibit.

Sementara itu, Pj. Bupati Tanah Laut H. Syamsir Rahman mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tanah Laut untuk Paman Birin dan Istri serta rombongan turdes.

“Terima kasih dan menjadi sebuah kebanggan bagi kami telah menjadikan Tanah Laut sebagai titik pertama dalam perjalanan turdes yang akan berlangsung seminggu ini,” ujar Syamsir.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian Paman dan Acil Odah dengan alokasi bantuan yang cukup besar bagi para petani di Kabupaten yang memiliki ikon Kijang Emas tersebut.

“Tanah laut sebagai lumbung pangan kedua setelah kabupaten Barito Kuala, tentunya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan ini. Semoga produktifitas pertanian di kabupaten ini semakin meningkat dan semakin baik kedepannya,” harapnya.

Dilain tempat, Kepala Desa Padang Luas Suwardana (56) saat diwawancarai mengatakan, rasa bannganya desanya menjadi salah satu desa yang dikunjungi Gubernur Kalsel Paman Birin saat melaksanakan misi Turdes ke-10.

“Himung (bahagia-red) Paman Birin bisa kesini. Sejak pagi masyarakat sudah memenuhi halaman kecamatan, banyak juga pedagang jualan karena Paman Birin hadir ke desa ini. Alhamdulillah, hari ini sidan juga menyerahkan bantuan kepada para petani kita,” ucap Dana begitu ia akrab disapa.

Menurut Dana, rata-rata masyarakat di desanya adalah petani yang memang sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah berupa batuan.

“Terlebih pompa air atau pun bantuan pertanian lainnya sangat kami butuhkan. Dan Alhamdulillah, tahun ini hasil panen masyarakat kita begitu bagus,” syukurnya.

Sapruddin (65) salah satu warga Desa Padang Luas berkali-kali mengucapkan syukur karena dirinya menjadi salah satu warga yang menerima manfaat dari bantuan sembako yang dibagikan Paman Birin.

“Terimakasih Paman,” ucapnya seraya tersenyum lebar. (ril/Adpim).

Foto : M. Furqan Ali

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah