Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Paman Birin Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Nafis saat Turdes di Tabalong


 Paman Birin Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Nafis saat Turdes di Tabalong Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, menunjukkan rasa takzimnya kepada ulama besar dengan berziarah ke makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris bin Husein di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Kamis (5/7) malam.

Kegiatan ziarah ini dilakukan usai Paman Birin dan rombongan menyelesaikan rangkaian turdes (turun ke desa) dihari keempat di Puskesmas Kecamatan Tanjung.

Syekh Muhammad Nafis adalah penyebar Islam yang sangat berjasa dalam membangun masyarakat agamis.

Penulis kitab terkenal tentang tasawuf berjudul Ad-Durrun Nafis, yang tersebar luas di Nusantara dan Asia Tenggara, Syekh Muhammad Nafis lahir sekitar tahun 1735 di Martapura, Kabupaten Banjar, dan wafat sekitar tahun1812 Masehi di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong pada usia 77 tahun.

Kehadiran orang nomor satu di Kalsel ini menjadi bukti penghormatan dan meneladani kepada Syekh Muhammad Nafis, ulama besar yang telah berjasa dalam menyebarkan ilmu agama di Kalsel dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin mengungkapkan bahwa ziarah ini adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para ulama yang telah berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah tersebut.“Kita harus selalu mengingat jasa-jasa ulama kita, mereka yang telah membimbing kita dengan ilmu dan kebijaksanaan,” ujar Paman Birin.

Paman Birin pun berharap agar para generasi muda dapat meneladani semangat Syekh Muhammad Nafis dalam menyebarkan ilmu agama dan membangun masyarakat yang berakhlak mulia.

Banyak warga yang ingin bersalaman dan berfoto dengan Paman Birin, mereka mendoakan agar Paman Birin selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Kalsel, tak sedikit pula yang mendoakan agar segala hajatnya terkabul.

Paman Birin sendiri terlihat senang dengan sambutan hangat dari masyarakat. Beliau menyapa dan menyalami warga dengan ramah.

Dalam momen penuh khidmat tersebut, Paman Birin didampingi oleh Guru Supian Al-Banjari dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel. (ril/adpim)

Foto : M. Rezky Maulidja

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

3.096 Pelamar Bersaing di Job Fair Kalsel 2024

22 July 2024 - 15:03

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Trending di Daerah