Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

FKUB Kalsel Tingkatkan Kerukunan Jelang Pemilu/Pilkada 2024


 FKUB Kalsel Tingkatkan Kerukunan Jelang Pemilu/Pilkada 2024 Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira buka rapat koordinasi daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Kalimantan Selatan.

Rakor ini mengangkat tema Peran FKUB dalam rangka Suksesnya Pemilu Tahun 2024 dihadiri seluruh pemuka agama di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (30/9) pagi.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira menyampaikan,
fkub adalah mitra strategis pemerintah, dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama, agar terbentuk   kerukunan dan kesejahteraan.

Pemeliharaan kerukunan umat beragama adalah bagian penting dari pembinaan kerukunan nasional yang menjadi tanggung jawab bersama.

“Karena itu, saya berharap agar seluruh jajaran FKUB mampu memainkan peran yang sangat penting ini, apalagi kondisi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara tidak sepenuhnya dalam keadaan baik-baik saja,” katanya.

Dikatakannya, setiap saat, ada saja ancaman yang bisa menghancurkan keharmonisan dan kerukunan, jika tidak waspada. Berita-berita bohong begitu mudah menyebar. Fitnah-fitnah yang bisa menciptakan benturan antar umat seagama dan antar umat beragama, cukup sering mencuat di masa sekarang ini.

“Jika umat beragama tidak dewasa dalam menyikapi kondisi ini, maka ancaman perpecahan bukan keadaan yang mustahil. untuk itu, tokoh- tokoh agama dan pemuka-pemuka agama, kiranya bisa terus tampil sebagai pendamai dan penetralisir dari segala ancaman yang bisa menghancurkan kerukunan, persatuan dan kesatuan kita,” katanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalimantan Selatan Ilham Masykuri Hamdie mengatakan, pentingnya rapat koordinasi ini karena menyangkut peran FKUB dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Dirinya juga bersyukur karena pada tanggal 25 September lalu, Presiden telah menerbitkan Peraturan Moderasi Beragama.

Menurutnya, rakor ini juga menyampaikan Rancangan Peraturan Presiden tentang Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama (PKBU) yang strukturnya seperti piramida. Struktur ini mengingat masalah ada di akar rumput. “Regulasi itu dipastikan bakal memperkuat Forum Kerukunan Umat Beragama,” katanya.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah