Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Menko Airlangga Anugerahi Paman Birin 2 Penghargaan Agaria Sekaligus


 Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada  Rapat Kerja Nasional Reforma Agraria di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jalan Arteri - Jakarta Selatan pada Selasa (31/10). Foto Biro Adpim/Alfian Perbesar

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada Rapat Kerja Nasional Reforma Agraria di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jalan Arteri - Jakarta Selatan pada Selasa (31/10). Foto Biro Adpim/Alfian

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima 2 penghargaaan bidang Agraria dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

 

Anugerah penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Rapat Kerja Nasional Reforma Agraria di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jalan Arteri – Jakarta Selatan pada Selasa (31/10).

 

Paman Birin menerima anugerah ini atas keberhasilan Provinsi Kalsel Terbaik Pelaksanaan Reforma Agraria.

 

Dalam penyerahan penghargaan yang dirangkai dengan kegiatan rakernas itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wamen Menteri LHK Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto selalu Ketua Harian Percepatan Reforma Agraria Aasional.

 

Turut hadir langsung dalam Rakernas, para kepala daerah sebagai finalis penerima penghargaan, salah satunya Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang mendapat penghargaan di dua kategori sekaligus.

 

Pemerintah Provinsi Kalsel dinobatkan sebagai juara pertama di kategori Legalisasi Aset Tanah Transmigrasi Terbaik 2015 – 2023, disusul Provinsi Lampung dan Riau.

 

Penghargaan Reforma Agraria di Kategori Penataan Akses Terbaik 2021 – 2023, Provinsi Kalsel berada di posisi ketiga setelah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

 

Sedangkan juara Reforma Agraria Kategori Realisasi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan 2020 – 2023, juara pertama Kalimantan Barat, disusul Kalimantan Tengah dan Riau. Juara di kategori Gugus Tugas RA Terbaik 2021 -2023 secara berurutan adalah Jawa Barat, Aceh, dan Jambi.

Dengan demikian, juara umum Reforma Agraria diberikan kepada Provinsi Jawa Barat.

 

Usai menerima anugerah penghargaan reforma agraria, Paman Birin menyampaikan rasa terimakasih atas apresiasi pemerintah pusat.

 

“Terimakasih atas apresiasi ini.Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam mendorong penataan aset di Kalimantan Selatan,” kata Paman Birin.

 

Disampaikan Paman Birin, Pemprov Kalsel akan terus mendukung upaya program dan kebijakan penataan aset serta berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam menyukseskan reforma agraria sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penataan aset dan akses yang lebih merata.

 

Sebelum penyerahan piagam pemenang, Dalam rakor, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga selaku Ketua Tim Reforma Agraria Nasional, memberikan sejumlah arahan kepada kepala daerah.

 

Salah satunya, akan menindaklanjuti laporan Gubernur Kalsel yang menyebutkan bahwa pelepasan kawasan hutan di Kalsel sudah masuk dalam Perpres.

 

Dikatakan Airlangga, KLHK akan akan menyediakan data, juga dari Kementerian ATR berupa data HGU, dan Kementerian Pertanian menyediakan izin dan usaha.

 

“Realisasi kegiatan akan diinventarisasikan dalam /lahan saruboerta, secara detilenteribATR akan menambahkan,” ujarnya.

 

Terkait hal ini, Menteri ATR/BPN menambahkan, masalah ini sudah dikoordinasikan pihak terkait.

 

Acara ditutup dengan Kick Off Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, dan dilanjutkan sesi gelar wicara.

 

Acara juga diikuti lebih dari 800 orang secara luring yang terdiri dari berbagai stakeholder, mencakup 19 Kementerian lembaga, 38 pemerintah provinsi, 12 pemerintah kabupaten/kota, Kantor Wilayah Pertahanan Kementerian serta Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan seluruh Indonesia.

 

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah