Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Sport

Diikuti 2.717 Atlet, POMNAS ke 18 Kalsel Resmi Dibuka


 Diikuti 2.717 Atlet, POMNAS ke 18 Kalsel Resmi Dibuka Perbesar

Kalseldaily.com – Didampingi Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo buka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-XVIII Tahun 2023.

Pembukaan ditandai dengan memanah ke arah layar di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (15/11) malam.

Acara diawali dengan Tarian Bhineka Prastuti. Tarian ini menceritakan keberagaman dan kekompakan mahasiswa dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2023.
Kemudian penampilan defile mahasiswa dari 36 provinsi se Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sehingga pelaksanaan Pomnas dapat berjalan dengan baik.

“Saya mendapat informasi bantuan Bapak Gubernur sangat besar, Terima kasih Bapak Gubernur Kalimantan Selatan yang telah mendukung penyelanggaraan Pomnas ke 18 tahun 2023, ini memberikan dampak ekonomi yang baik, balik modal,” katanya.

Dito juga memuji penambahan cabor yang asalnya hanya 14 menjadi 16 Cabor. Tambahan 2 cabor tersebut ialah silat dan gulat.

Menurut Menpora, prestasi olahraga bagi mahasiswa merupakan hal penting yang harus tercapai, karena mahasiswa mempunyai keunggulan yakni masa keemasan dalam beprestasi dan mahasiswa mempunyai daya nalar untuk dapat memecahkan masalah.

Menpora berpesan kepada mahasiswa yang bertanding untuk mempunyai rasa keberanian dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Dirinya berharap, Universitas Negeri bisa memberikan insentif bagi mahasiswa yang berprestasi olahraga.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Pomnas ke 18 tahun 2023.

Menurut Paman Birin, keindahan daerahnya bagaikan sehelai kain dari surga. Sinarnya banua membuat banua bersinar.

“Mudah mudahan kedatangan seluruh kontingen dalam suasana yang bahagia, gembira dan selamatan berataan,” katanya.

Paman Birin juga mengingatkan kepada seluruh peserta Pomnas untuk menjunjung tinggi sportivitas. “Dengan sportivitas itu mendekati nilai nilai kejujuran, dengan kejujuran menjadi modal kita menjalani kehidupan,” katanya.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Ahmad mengatakan, pada Pomnas kali ini ada 16 cabor yang dipertandingkan. Meningkat jika dibandingkan Pomnas di Sumatera Barat yang hanyar mempertandingkan 14 cabor.

Menurutnya, jumlah atlet yang mengikuti pertandingan sebanyak 2717 orang dari 34 provinsi se Indonesia.

Turut hadir Ketua DPRD Kalsel Supian HK,
Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Kalsel Yuli Haryanto serta tamu undangan lainya.

Ada 16 cabor pada POMNAS kali ini yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir.

Acara ditutup dengan penampilan dari penyanyi Putri Ariani. Putri Ariani hadir untuk menghibur dan memotivasi seluruh atlet.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Daftar Pemain Barito Putera Liga 1 2024/2025

2 July 2024 - 10:04

450 Peserta dari 15 Provinsi Ramaikan Tour de Loksado 2024

29 June 2024 - 17:27

Barito Putera Datangkan Amunisi Baru! Tiga Pemain Asing Resmi Bergabung

29 June 2024 - 13:27

Sejarah! Timnas Indonesia U-23 Akhiri Dominasi Korsel

26 April 2024 - 09:51

Kalsel Bakal Gelar Internasional Paralayang 2024

29 March 2024 - 11:56

Comeback, Barito Putera Kalahkan PSM Makassar 3-1

16 March 2024 - 12:09

Trending di Sport