Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Cegah Karhutla di Kalsel Meluas, Dilakukan Pembasahan Lahan


 Cegah Karhutla di Kalsel Meluas, Dilakukan Pembasahan Lahan Perbesar

kalseldaily.com Banjarbaru – Terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berakibat pada kabut asap, menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah Mitigasi Bencana dengan Pembukaan Pintu Air dan Pembasahan Lahan di Guntung Damar Banjarbaru (31/08/2023) pagi.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin langsung Pembukaan Pintu Air dan Pembasahan Lahan, di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di ring 1 Bandara Syamsuddin Noor.

Dalam arahannya, Paman Birin meminta kepada semua pihak untuk benar-benar siaga dalam menghadapi karhutla tahun ini.

Terlebih saat ini masyarakat yang ada di sekitar karhutla sudah merasakan dampaknya.

“Untuk itu, apa yang kita lakukan pada pagi ini adalah sebagai bentuk antisipasi terjadinya karhutla yang lebih meluas lagi. Kita juga diuntungkan karena kita memiliki beberapa irigasi, sehingga bencana karhutla seperti beberapa tahun lalu yang begitu besar, dapat kita minimalisir,” ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, terjadinya karhutla harus diwaspadai, terlebih karhutla yang terjadi di dekat Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin. Karena sangat berkaitan dengan penerbangan, yang dapat berdampak luar biasa, dengan kejadian karhutla, utamanya sektor perekonomian.

Paman Birin mengajak kepada semua kepala daerah yang ada di Kalsel agar terus bersinergi dan mensosialisasikan bahaya karhutla kepada masyarakat.

Kepada masyarakat, Paman Birin menghimbau agar para pemilik lahan tidak membakar lahan miliknya. Terlebih saat ini sudah banyak masyarakat mengalami dampak asap karena karhutla.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel R. Surya Faidliansyah mengatakan, dilaksanakannya pembasahan tersebut sebagai bentuk mitigasi aga penyebaran titik api semakin tidak meluas.

“Air ini akan kita salurkan pada lahan/hutan yang masih hijau dan belum terbakar, sehingga penyebaran air ini tetap seimbang dan permukaan tanah tidak mengering. Sehingga bila ini terjadi, titik api tidak akan mudah muncul,” Ucap Suria.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah