Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Pemprov Kalsel serahkan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) di Batola


 Pemprov Kalsel serahkan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) di Batola Perbesar

kalseldaily.com, Batola – Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat Banua, Pemeritnah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan TP-PKK Kalimantan Selatan menyerahkan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) dikawasan kumuh.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor didampingi Kadisperkim Kalsel, Mursyidah Aminy, Pj Bupati Batola Mujiat, serta Pj Ketua TP PKK Batola. Bertempat di Kelurahan Berangas Timur, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Senin (25/9/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah mengatakan, bantuan berupa renovasi rumah ini dalam rangka memperbaiki kualitas kehidupan dan kesehatan dimasyarakat.

“Ini merupakan hasil kerja kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah provinsi, kabupaten / kota, TP- PKK dan dinas terkait. Sehingga bisa memberi bantuan kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia mengaku bersyukur, masyarakat telah mendapat bantuan sosial tersebut dan dengan sosialisasi serta edukasi dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga mereka dalam menjaga kesehatan.

“Alhamdulillah dengan perbaikan kualitas rumah yang ditempati, masyarakatnya bisa meningkat kualitas hidup dan kualitas kesehatannya. Mudah-mudahan akan mendapat keberkahan bagi kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan, Mursyidah Aminy mengungkapkan, sosialisasi rumah sehat, ini bentuk kerjasama dengan program TP- PKK Provinsi di 13 kabupaten/kota.

“Untuk Barito Kuala merupakan kabupaten ke empat yang kita laksanakan, nanti untuk sisanya akan kita lanjutkan sampai di bulan oktober,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi rumah sehat dan bantuan di masyarakat ini, masyarakat akan mengerti dan lebih memahami bagaimana rumah yang sehat.

“Karena dengan rumah yang sehat itu kita akan menghasilkan generasi yang sehat juga. Rumah yang sehat memiliki pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik, sehingga  membuat rumah menjadi nyaman untuk ditempati,” katanya.

Adapun bantuan RTLH di Batola ada 95 unit terdiri dari untuk penanganan bencana 75 unit dan kawasan kumuh kewenangan provinsi ada 20 unit.

Saat ini Jumlah RTLH Provinsi Kalsel berdasarkan data Renstra Tahun 2022 berjumlah 76.023 unit, yang sudah tertangani dari tahun 2015-2022 berjumlah 34.308 (melalui CSR,BSPS,APBD I, APBD II). Khusus yang telah tertangani melalui APBD I berjumlah 1.934 unit, sisa penanganan berjumlah 41.715 unit.

Sedangkan, kawasan kumuh totalnya 2.166 unit yang telah tertangani hingga tahun 2023 jumlahnya 400 unit dan sisa RTLH 1.766 unit.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah