Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Nasional

Tampil di Istana Berbatik, Paman Birin dan Istri Gunakan Sasirangan


 Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Isteri Mengenakan Sasirangan saat Tampil di Istana Berbatik /foto: adpim kalsel/Adetia Perbesar

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Isteri Mengenakan Sasirangan saat Tampil di Istana Berbatik /foto: adpim kalsel/Adetia

kalseldaily.com Jakarta – Tampil di Istana Berbatik dalam rangka Hari Batik Nasional, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta istri Hj. Raudatul Jannah, mengenakan pakaian sasirangan.

Pakaian sasirangan yang dikenakan Paman Birin dan istri, begitu tampak elegan dengan perpaduan batik sasirangan warna cream dan hitam berbordir di peragakan di atas catwalk sepanjang 150 meter dengan dihadiri langsung oleh 4.830 undangan bersama para gubernur dari seluruh Indonesia, di halaman depan Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (1/10) malam.

Bagi Paman Birin dan istri, dalam berbagai kegiatan formal maupun non formal, selalu menggunakan kain sasirangan.

Terlebih lagi, sekarang banyak Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM)lokal Banua yang mengembangkan kain sasirangan sebagai produk unggulan dan memilii potensi besar di pasar nasional bahkan internasional.

Ketua panitia yang juga merupakan Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, mengatakan, setidaknya ada 504 orang peraga istimewa termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga, menteri, hingga perwakilan negara sahabat.

“Istana Berbatik ini, akan menampikan koleksi batik dari berbagai kerajaan, UMKM, dan karya perancang busana yang ada di Indonesia,” ucap anak dari Hary Tano tersebut.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan masyarakat Indonesia harus bersyukur, karena batik bukan hanya menjadi karya seni biasa. Namun sudah menjadi warisan budaya bukan benda dunia.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia. Dengan simbolisme, teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” kata Jokowi

Dengan adanya Istana Berbatik, Jokowi berharap masyarakat dapat menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia. (Adv)

tim editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Benarkah Anggaran Makan Siang Gratis Dipangkas Jadi Rp7.500 Per Anak?

18 July 2024 - 11:17

Seleksi CPNS 2024 Diundur Juli-Agustus, Ini Alasan Kementerian PANRB

2 July 2024 - 23:07

Musrenbang Nasional, Paman Birin Terima Penghargaan Terbaik dari Presiden Jokowi 

6 May 2024 - 20:44

Selain Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Berikut 17 Bandara yang Tidak Lagi Berstatus Bandara Internasional 

6 May 2024 - 08:30

PPP dan PSI Gagal Lolos ke Senayan, Berikut Daftar Perolehan Suara Parpol Pemilu 2024

21 March 2024 - 13:45

Raih 1.407.684 Suara, Prabowo-Gibran Unggul di Kalimantan Selatan

12 March 2024 - 21:50

Trending di Nasional