Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Jamnas 4000 Scooterist Diharapkan Promosikan Wisata Kalsel


 Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Ketua Umum Banjarmasin Vespa Club (BPC), Hendra Bunyamin buka Jambore Nasional (Jamnas) bertema Perbesar

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Ketua Umum Banjarmasin Vespa Club (BPC), Hendra Bunyamin buka Jambore Nasional (Jamnas) bertema "4.000 Lautan Vespa Bergerak Bersama di Kiram Park, Kabupaten Banjar pada Sabtu (21/10) malam. Foto Biro Adpim/Donny

Kalseldaily.com – Pemukulan gong oleh Gubernur H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, menandai resmi dibukanya Jambore Nasional (Jamnas) bertema “4.000 Lautan Vespa Bergerak Bersama Paman Birin” yang digelar di Kiram Park, Kabupaten Banjar pada Sabtu (21/10) malam

 

Jamnas yang diselenggarakan oleh Banjarmasin Vespa Club (BPC) tersebut berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 21 hingga 22 Oktober 2023 dan dihadiri oleh ribuan para pecinta vespa atau scooterist dari berbagai provinsi di Indonesia.

 

Berangkat dari Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Sabtu sore, ribuan scooterist tiba secara beriringan di Kiram Park.

 

Di Kiram Park, dimeriahkan dengan tarian Hapakat Utus Dayak, yang memiliki makna sebagai simbol persatuan suku Dayak dan mencerminkan filosofi “Huma Betang” yang diimplementasikan dalam kehidupan sosial, budaya, dan masyarakat, untuk memahami nilai gotong royong, toleransi, rukun dan dapat hidup berdampingan dalam keberagaman.

 

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Paman Birin sebagai Pembina Banjarmasin Vespa Club (BPC) oleh Ketua Umum Banjarmasin Vespa Club (BPC), Hendra Bunyamin.

 

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyematan rompi Banjarmasin Vespa Club (BPC) kepada Paman Birin yang diikuti oleh pemberian cendera mata berupa miniatur vespa dan miniatur rumah Banjar, Bumbungan Tinggi.

 

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pecinta Vespa yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

 

“Terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada seluruh pecinta Vespa, yang menggelar Jamnas di Banua kami, Semoga kegiatan ini dapat mempererat kekompakan dan silaturahmi antara pecinta Vespa di seluruh Indonesia.” ujar Paman Birin.

 

Selain itu, Paman Birin memberikan perhatian khusus kepada semangat dan kreativitas anak-anak muda yang mendominasi berbagai organisasi di seluruh Indonesia.

 

“Berbagai organisasi, terutama yang diisi oleh generasi muda yang penuh semangat dan kreativitas, memiliki potensi besar untuk menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan berbagai agenda pembangunan, terutama dalam hal promosi potensi daerah,” kata Paman Birin.

 

Paman Birin juga menyampaikan potensi pariwisata Kalsel, khususnya keindahan alam yang dapat dinikmati di Kiram Park.

 

“Perlu saya sampaikan, Kalsel ini, selain memiliki berbagai potensi pariwisata, khususnya wisata alam, salah satunya di Kiram Park, Kabupaten Banjar ini. Perkembangan sarana dan prasarana di area ini semakin memungkinkan masyarakat, termasuk penggemar vespa, untuk menikmati keindahan alam Kalsel.” ungkap Paman Birin.

 

Lebih lanjut, Paman Birin berharap bahwa melalui pelaksanaan Jamnas Pecinta Vespa ini, potensi-potensi tersebut dapat terus dipromosikan, menjadikan Kalsel lebih dikenal luas.

 

“Kami berharap pelaksanaan Jambore Nasional Pecinta Vespa ini dapat membantu kami dalam mempromosikan berbagai potensi yang ada di wilayah kami, sehingga potensi-potensi tersebut dapat semakin dikenal,” harapnya.

 

Semetara itu, Ketua Pelaksana Jambore Nasional (Jamnas), Aswin Nugroho saat ditemui mengatakan rasa terimakasihnya kepada Paman Birin yang telah berhadir diacara ini.

 

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Paman Birin yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara Jamnas ini. Kehadiran beliau sangat membawa semangat dan inspirasi bagi seluruh peserta,” kata Aswin.

 

Aswin menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar kumpul-kumpul, tetapi diharapkan menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi antara para pecinta vespa.

 

“Kami berharap Jamnas ini menjadi tempat di mana kami dapat berbagi informasi, berbagi pengalaman, dan lebih dari itu, berbagi kebahagiaan,” pungkas Aswin Nugroho.

 

Acara kemudian ditutup dengan Penyerahan doorprize berupa Vespa P150S tahun 1986 oleh Paman Birin usai dilakukan proses pengambilan kupon undian, Scooterist beruntung penerima motor itu, yakni Ikin asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

Tidak hanya itu, Paman Birin juga memberikan hadiah tambahan kepada empat orang beruntung, masing-masing senilai 5 juta rupiah.

 

Salah satu peserta yang beruntung mendapatkan hadiah 5 juta rupiah. Tomo, peserta dari Panajam, Kalimantan Timur mengaku sangat gembira dan bersyukur atas hadiah yang diterimanya.

 

“Alhamdulilah, saya sangat bersyukur atas hadiah ini terimakasih Paman Birin” ujar Tomo.

 

Tampak hadir mendampingi Paman Birin diantaranya Ketua DPRD Kalsel, H. Supian HK, Ketua IMI Kalsel, Edy Sudarmadi, Sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Provinsi Kalsel.

 

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah