Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Angka Konsumsi Ikan Provinsi Kalsel Di Atas Rata-rata Nasional


 Angka Konsumsi Ikan Provinsi Kalsel Di Atas Rata-rata Nasional Perbesar

kalseldaily.com Banjarbaru – Angka konsumsi ikan (AKI) di Provinsi Kalimantan Selatan mencapai 65 kilogram perkapita per tahun. Angka ini termasuk tinggi dan dan di atas rata-rata nasional, yaitu 55 kilogram perkapita per tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Rusdi Har­tono, pada saat kegiatan Safari Gemarikan bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Rabu (7/2/2024) di Desa Mahang Putat Kecamatan Pandawan Kab. HST.

Meski AKI Kalsel tinggi dan di atas rata-rata nasional, Rusdi akan terus mendorong konsumsi ikan sebagai upaya pencegahan stunting dan peningkatan gizi bagi masyarakat, khususnya anak-anak.

“Angka konsumsi ikan kita sudah cukup tinggi di atas rata-rata nasional. Tetapi kita tetap memasyarakatkan makan ikan ini sebagai salah satu langkah pencegahan stunting,” ucapnya.

Disampaikan Rusdi, safari gemar ikan yang dilakukan demgan bekerja sama tim penggerak PKK provinsi Kalsel, sebagai upaya agar masyarakat gemar mengon­sumsi ikan dengan gizi yang tinggi.

“Di sana, safari gemar ikan kita membagikan paket olahan ikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain membagikan ban­tuan makanan ikan, Rusdi men­­yam­paikan kegiatan ter­sebut juga menyosialisasikan manfaat mengonsumsi ikan untuk me­ning­­katkan gizi dan kesehatan.

“Kami juga memberikan motivasi dan edukasi mengenai pentingnya makan ikan dan pencegahan angka stunting,” ujarnya.

Karenanya, Pemprov Kalsel akan melanjutkan gelar safari gemar ikan ini ke sejumlah daerah, utamanya yang tinggi angka kasus stunting dan angka konsumsi ikannya yang masih rendah.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah