Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Pasar Wadai Ramadan 1445 H, Paman Birin Sediakan 100 Stand Gratis Pedagang dan UMKM


 Pasar Wadai Ramadan 1445 H, Paman Birin Sediakan 100 Stand Gratis Pedagang dan UMKM Perbesar

Kalseldaily.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyiapkan stand Pasar Wadai Ramadan 1445 Hijriah di Halaman Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Stand Pasar Wadai ini disiapkan dan akan resmi dibuka mulai Selasa, 12 Maret sampai 5 April 2024.

Stand yang terbuat dari kayu dan beratap daun rumbia pun sejak beberapa hari terakhir ini terus dikerjakan.

Selain stand, tampak gapura Pasar Wadai telah hampir rampung dikerjakan. Diperkirakan sekitar 100 stand akan disiapkan untuk warga pelaku UMKM serta para wirausaha lainnya.

Disampaikan Gubernur Paman Birin, stand Pasar Wadai Ramadan 1445 H ini akan ditunjukan kepada warga masyarakat pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) secara gratis.

“Insya Allah, Pasar Wadai Ramadan nanti akan menggerakkan perekonomian warga Banua dan para pelaku UMKM, khususnya di Banjarmasin,” kata Paman Birin, Minggu (10/3).

Lebih lanjut ungkap Paman Birin, Pasar Wadai Ramadan selain telah menjadi tradisi diadakan setiap bulan puasa, juga menjadi obat rindu warga Banua yang merantau ketika pulang ke Banua untuk menikmati aneka makanan khas Banjar.

Sementara itu, disampaikan Suharyanti, Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pelaksana Pasar Wadai Ramadan 1445 Hijriah, sesuai rencana akan dibuka Gubernur Paman Birin pada Selasa (12/3) sore dan diramaikan kesenian Sinoman Hadrah.

“Insya Allah, akan dibuka oleh Bapak Gubernur Paman Birin dan akan dilakukan peninjauan stand-stand Pasar Wadai Ramadan,” kata Suharyanti.

Lebih lanjut, ungkap Suharyanti sesuai arahan Gubernur Paman Birin, Pasar Wadai Ramadan ini bertujuan menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM yang membuat makanan dan minuman serta bahan olahan lain untuk keperluan dan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa tahun ini.

“Paman Birin berharap, adanya Pasar Wadai Ramadan ini, pedagang atau UMKM di Kalsel bisa meningkatkan pendapatan mereka dan produk mereka lebih dikenal nantinya,” ujar Suharyanti.

“Pasar Wadai ini juga nantinya akan diramaikan dengan berbagai hiburan musik religi dan lain-lain,” ujarnya.

Selain masyarakat umum dan UMKM, sejumlah SKPD lingkup Pemprov Kalsel nantinya turut mengisi stand yang tersedia.

Penyediaan tempat berjualan selama ramadhan juga dilakukan Pemprov di tahun- tahun sebelumnya.

Pada Ramadhan 1444 hijriah tahun lalu, Pasar Wadai disediakan di kawasan Siring Nol Kilometer Jalan Sudirman atau depan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Selain jajanan kuliner kue khas Banjar, dalam Pasar Wadai ini juga menjual kebutuhan pokok lainnya seperti ikan dan sayur-sayuran. (ril/adpim)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah