Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Kesehatan

BPBD Kalsel Ajak Mahasiswa Padamkan Karhutla


 BPBD Kalsel Ajak Mahasiswa Padamkan Karhutla Perbesar

Kalseldaily.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng mahasiswa yang tergabung dalam Mapala Piranha Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk bersama-sama memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di area Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru Minggu (17/9).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Raden Suria Fadliansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian mahasiswa  dalam misi kemanusiaan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas aksi nyata yang ditunjukan kawan-kawan mahasiswa Mapala Piranha Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat,” sebutnya.

Menurut Suria, dengan terjunya ke lokasi, para mahasiswa dapat mengetahui kondisi ril dilapangan dan tahu bagaimana proses pemadaman api.

“Dengan terjun ke lapangan para mahasiswa akan tahu bagaimana penanganan Karhutla,” katanya.

Disampaikan mantan Pj Bupati Hulu Sungai Utara ini, segala upaya telah dilakukan dalam menanggulangi kebakaran hutan lahan di banua dari mengerahkan personil pemadaman, heli water bombing, modifikasi cuaca, membuka pintu air irigasi untuk membasahi lahan, shalat istisqa dan yang lainya.

Kabid Kedaruratan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi menambahkan, BPBD Kalsel sudah memiliki peta kerawanan Karhutla. Isinya ada tiga wilayah yang diprioritaskan untuk penanganan Karhutla di Kalsel. Salah satunya di kawasan Ring 1 Bandara Syamsudin Noor.

Menurut dia, sebagian besar bencana karhutla di Kalsel itu terjadi pada lahan yang sudah tidak produktif.

Pihaknya mengaku sudah meminta kepada pemilik lahan untuk sesegeranya merawat lahan agar tidak timbul bencana yang lebih besar seperti kabut asap.

Baca juga : https://kalseldaily.com/2023/09/07/alami-kemarau-panjang-masyarakat-kalsel-gelar-shalat-istisqa/

Sementara itu, Ketua Mapala Piranha Zulkarnain mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan BPBD Kalsel untuk mengetahui kondisi pemadaman dilapangan.

Dikatakanya, Mapala Piranha menurunkan personil yang dibagi dalam dua sesi yakni sesi pagi dan siang untuk bersama-sama memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Buah Kecubung Positif Mengandung Atropin dan Scopolamine

16 July 2024 - 07:57

Tahun Ini, RSUD Ulin Banjarmasin Buka Layanan Kedokteran Nuklir

4 May 2024 - 10:50

Jaga Keamanan Laut, Bakamla Bakal Bangun Stasiun Pemantau di Kalsel, Ini Lokasinya 

26 March 2024 - 09:10

Pemprov Kalsel Bakal Bangun 10 Ruas Jalan Lintas Kabupaten, Cek Lokasinya 

17 March 2024 - 09:56

Sejumlah Proyek Prioritas Pemprov Kalsel Rampung Tahun 2024 

1 March 2024 - 15:55

Penimbunan Km 171 Dimulai, R4 Hingga R2 Diarahkan Jalur Alternatif

23 February 2024 - 11:18

Trending di Pembangunan