Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Daerah

Kalsel Nyatakan Kesiapan Penyangga dan Pintu Gerbang IKN


 Kalsel Nyatakan Kesiapan Penyangga dan Pintu Gerbang IKN Perbesar

kalseldaily.com, Banjarmasin – Kalimantan Selatan memastikan dan menyatakan kesiapannya sebagai daerah penyangga sekaligus pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel menggelar Simposium Nasional bertajuk Konektivitas dan Sinergitas Kalimantan dalam Persiapan IKN, bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, bekerjasama dengan Banjarmasin Post dan dihadiri sekitar 700 peserta dari berbagai instansi baik secara  luring dan daring. Kamis (9/11/2023).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya secara daring mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur merupakan proyek strategis nasional yang di lakukan Pemerintah Pusat dalam upaya pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Sebagai provinsi yang akan menjadi tuan rumah IKN, kita Kalimantan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pembangunan ini,” ucap Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin.

Paman Birin mengungkapkan, Dalam mendukung pembangunan IKN, diperlukan juga sinergisitas antara Pemerintah Daerah bersama berbagai elemen masyarakat guna menggali potensi dari berbagai sektor khususnya sektor pangan, pariwisata, umkm dan ekonomi krearif yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Maka dari itu, semoga melalui simposium ini dapat merumuskan langkah konkret dalam mewujudkan sinergi dan optimalisasi potensi daerah masing-masing serta berbagai peluang dan tantangan yang akan muncul, sehingga Kalsel beserta seluruh provinsi di kalimantan dapat menjadi mitra dan pendukung Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah, para akademisi dan praktisi yang telah berkontribusi dalam mensuksekan simposium ini guna menggali berbagai gagasan terkait aspek konektivitas dan sinergi antarwilayah di Kalimantan dalam persiapan IKN.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Prov. Kalsel, M Muslim mengatakan para narasumber berasal dari Otorita IKN, Kementerian PUPR, kepala daerah dan SKPD 4 provinsi di Kalimantan (Kalteng, Kaltara, Kalbar dan Kaltim), media massa, PWI, akademisi, mahasiswa, asosiasi, serta pengusaha.

“Intinya, Somposium ini diharapkan mampu mewujudkan sinergitas pembangunan infrastruktur Kalimantan dalam mempersiapkan IKN,” katanya.

Muslim menambahkan, dalam Simposium Nasional, lima Gubernur di Kalimantan juga akan menyampaikan sambutan dan pernyataan komitmen dalam menyambut IKN.

“Semoga simposium ini dapat menciptakan momentum untuk timbulnya inisiatif-inisiatif lintas sektor yang mendukung persiapan IKN,” harap Muslim.(ril/adpim)

tim editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

3.096 Pelamar Bersaing di Job Fair Kalsel 2024

22 July 2024 - 15:03

Benarkah Anggaran Makan Siang Gratis Dipangkas Jadi Rp7.500 Per Anak?

18 July 2024 - 11:17

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Trending di Daerah