Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Bisnis

Pamor Borneo Expo 2023 Wahana PromosiUMKM, Pariwisata dan Investasi


 Pamor Borneo Expo 2023 Wahana PromosiUMKM, Pariwisata dan Investasi Perbesar


kalseldaily.com, Banjarbaru – Pamor Borneo Expo merupakan pameran tahunan yang sangat penting untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian daerah, tidak hanya meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk UMKM berorientasi ekspor dan berdaya saing di provinsi Kalimantan Selatan, tetapi juga akan mendorong pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan mengakselerasi investasi di provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, saat menutup seremonial Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor (PAMOR) Borneo 2023, di Auditorium ULM Banjarbaru, Sabtu (11/11) pagi.

Paman Birin mengatakan, UMKM yang selama ini merupakan tulang punggung perekonomian daerah yang harus terus kita dukung dan kembangkan.

“Melalui expo ini, kita ingin mempromosikan produk unggulan UMKM Kalsel agar dapat dikenal masyarakat luas. lebih dari itu, expo yang berkaitan dengan South Borneo Expo yang telah diadakan di Surabaya awal Oktober silam, menjadi wadah untuk menjajaki peluang kerjasama dan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM” kata Paman Birin.

Lebih lanjut terang Paman Birin, tidak hanya dari sisi perdagangan, sejalan dengan semangat untuk mengembangkan sektor pariwisata, melalui Pamor Borneo ini juga diperkenalkan potensi wisata Geopark Meratus, dengan menggandeng para pelaku usaha pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisata di Kalimantan Selatan.

“Dalam rangka mendorong investasi, juga telah dilakukan berbagai pertemuan dan kesepakatan bersama dengan calon investor baik dalam maupun luar negeri. Hal ini tentunya akan meningkatkan daya ungkit perekonomian Kalsel ke depannya,” ungkapnya.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM melalui pendampingan, pelatihan manajemen dan akses permodalan serta berharap melalui Pamor Borneo Expo UMKM ini, semoga sektor perdagangan, pariwisata dan investasi kalimantan selatan semakin maju.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan pamor borneo ini dapat berdampak signifikan bagi kemajuan UMKM dan perekonomian regional Kalimantan,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo mengucapkan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Kalsel Paman Birin dan jajaran dalam mendukung penuh peran dan kiprah Bank Indonesia dalam mengakselerasi kinerja ekonomi dan menjaga stabilitas harga di Kalsel.

“BPS mencatat, perekonomian Kalsel tetap tumbuh kuat 5,7 persen secara tahunan, tentu tidak lepas dari sinergi dan upaya kita bersama dalam mendorong memunculkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalsel. Selain itu, keberhasilan program kerja bersama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kalsel, tentu tidak lepas dari peran nyata dan kewenangan kuat dari Bapak Gubernur dalam memegang tongkat komando dalam menggerakkan pemerintahan di Kalsel dan segenap pemangku kepentingan, termasuk para ulama, pelaku usaha, kalangan universitas dan masyarakat,” jelasnya.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pasien Mabuk Kecubung di Kalsel Jadi 47 Orang, Ada yang Diisolasi Karena Mengamuk

12 July 2024 - 18:24

5.000 Ekor Burung Dilepas BKSDA Kalsel di Tahura Sultan Adam

10 July 2024 - 20:13

Pengguna LPG Bersubsidi di Kalsel ‘Over’ dari Kuota

10 July 2024 - 08:43

Paman Birin Dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Purnawirawan TNI AD

10 July 2024 - 08:32

Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, Polisi Buru Pengedar

9 July 2024 - 15:37

Penyerahan LHP-LKPP 2023, Paman Birin Pastikan Pengunaan APBD Berdampak untuk Kesejahteraan Rakyat

9 July 2024 - 14:16

Trending di Daerah