Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Wisata

Bukit Langara: Pesona Surgawi Geopark Meratus untuk Destinasi Wisata


 Bukit Langara: Pesona Surgawi Geopark Meratus untuk Destinasi Wisata Perbesar

 

Kalseldaily.com – Geopark Meratus Bukit Langara di Desa Lumpangi Hulu Sungai Selatan menyimpan keajaiban alam yang luar biasa. Tak jarang, banyak wisatawan menyebut Bukit Langara seperti ‘Surga Kecil’ yang ada di Kalimantan Selatan.

Dikelilingi oleh keindahan pegunungan Meratus, geopark ini menawarkan pemandangan mengagumkan, termasuk formasi batuan kuno yang menarik perhatian para peneliti geologi.

Bukit Langara memiliki ketinggian 200 meter dari permukaan laut dapat ditempuh dari Mata Air Panas Tanuhi sekitar 8 km atau sekitar 23 km dari Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat.

Keanekaragaman hayati yang melimpah juga menjadi daya tarik utama, dengan flora dan fauna endemik yang mempercantik lanskapnya.

Sumber air yang jernih dan aliran sungai yang menyejukkan menjadi habitat bagi berbagai spesies unik. Keberadaan batuan yang unik di Bukit Langara menambahkan pesona tersendiri, menciptakan panorama yang memukau.

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus (BPGM) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan tebentuknya situs ini karena proses kejadian bumi (geologi) yang tersusun oleh batugamping Formasi Batununggal yang berumur 95-135 juta tahun yang lalu (Kapur Awal).

Baca juga : Liburan Nataru, Ajak Keluarga Eksplorasi Keajaiban Alam di 17 Situs Geopark Meratus Bendung Riam Kanan

Pengunjung dapat menikmati trekking menantang untuk menjelajahi keindahan alam sekitar, sambil merasakan ketenangan dan kesejukan udara pegunungan.

Geopark ini bukan hanya menyajikan kecantikan alam, tetapi juga menjadi laboratorium alam bagi para ahli geologi.

Batuan purba yang terpapar di permukaan bumi memberikan wawasan berharga tentang sejarah geologis kawasan ini. Keunikan geologi seperti gua dan goa yang terbentuk selama ribuan tahun menjadi penanda waktu yang hidup.

Selain menjadi tujuan wisata alam, Geopark Meratus Bukit Langara yang dapat didaki selama 30 menit ini juga memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan dan pengembangan ekowisata.

Upaya pelestarian alam yang dilakukan di sini membantu mempertahankan keanekaragaman hayati serta mempromosikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Dengan segala keajaiban yang dimilikinya, Geopark Meratus Bukit Langara di Hulu Sungai Selatan tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menakjubkan tetapi juga menjadi warisan alam yang perlu dilestarikan untuk generasi mendatang.

Tim Editor

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Wisata Pulau Sambujur Siap Dikembangkan, Ini yang Akan Dibangun

14 July 2024 - 07:01

Isi Libur Lebaran 2024 Kamu dengan Destinasi Wisata Baru di Kalsel, Berikut Rekomendasinya

9 April 2024 - 13:51

39 Event Siap Ramaikan Pariwisata Banjarmasin, Ada Hari Tari Dunia

19 February 2024 - 17:45

Menyusuri Pulau Sirang Tempat Diduga Manusia Purba Bermukim

10 February 2024 - 07:55

Liburan Nataru, Ajak Keluarga Eksplorasi Keajaiban Alam di 17 Situs Geopark Meratus Bendung Riam Kanan

21 December 2023 - 10:02

Pertikawan 2023 Resmi Ditutup, Pramuka Kalimantan Bersatu dalam Aksi Pelestarian Lingkungan

13 November 2023 - 14:42

Trending di Daerah