Menu

Mode Gelap
Paman Birin Terima Penghargaan BAZNAS Award 2024, Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Belasan Kilo Sabu Diblender, 88.764 Orang Selamat dari Penyalahgunaan Narkoba Anggota KPPS Tabalong Meninggal, Ternyata Masih Pelajar Haul ke-4 Guru Zuhdi Dilaksanakan Tanggal 7 Maret 2024  Realisasi Investasi Kalsel Tahun 2023 Capai 19,7 T, Terbesar Pertambangan

Nasional

Mahfud MD Bantah Indonesia Kirim Asap ke Negara Tetangga


 Mahfud MD Bantah Indonesia Kirim Asap ke Negara Tetangga Perbesar

Kalselday.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membantah Indonesia telah mengirimkan kabut asap ke negara tetangga sebagai akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

“Kami ingin menegaskan bahwa tidak ada kabut asap seperti yang dinyatakan oleh beberapa pihak atau seperti yang biasa terjadi setiap tahun di masa lalu. Sekarang situasinya berbeda,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers Rapat Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga di Jakarta, Senin (9/10).

 

Mahufd menambahkan, meski fenomena El Nino tahun ini menyebabkan peningkatan titik panas (hot spot) dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tetapi karhutla yang dihasilkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

 

“Jika kita membandingkannya dengan tahun El Nino pada tahun 2019, karhutla pada tahun ini masih lebih kecil dan terkendali. Kami akan terus memantau peningkatan hot spot, meskipun tidak selalu berujung pada kebakaran,” katanya.

 

Mahfud menekankan bahwa pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten tetap siaga dalam menghadapi karhutla, terutama di daerah-daerah dengan sebaran titik panas yang luas, dengan melakukan patroli terpadu yang melibatkan Polri, dinas terkait, LSM, dan pihak swasta.

 

Ia juga menjelaskan bahwa operasi darat akan diutamakan dan dimaksimalkan, mengingat keterbatasan pesawat untuk operasi udara.

 

Pemerintah juga terus menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dikoordinasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta berusaha melibatkan upaya water bombing dan langkah-langkah lainnya.

 

Sebelumnya, pemerintah Malaysia menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi masalah karhutla melalui surat yang dikirimkan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia.

 

Kendati demikian, Menteri KLHK Siti Nurbaya membantah bahwa kabut asap dari karhutla di Indonesia telah mencapai Malaysia, dan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI dan The ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) juga tidak mendeteksi adanya kabut asap lintas batas.

 

Tim Editor

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Benarkah Anggaran Makan Siang Gratis Dipangkas Jadi Rp7.500 Per Anak?

18 July 2024 - 11:17

Seleksi CPNS 2024 Diundur Juli-Agustus, Ini Alasan Kementerian PANRB

2 July 2024 - 23:07

Musrenbang Nasional, Paman Birin Terima Penghargaan Terbaik dari Presiden Jokowi 

6 May 2024 - 20:44

Selain Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Berikut 17 Bandara yang Tidak Lagi Berstatus Bandara Internasional 

6 May 2024 - 08:30

PPP dan PSI Gagal Lolos ke Senayan, Berikut Daftar Perolehan Suara Parpol Pemilu 2024

21 March 2024 - 13:45

Raih 1.407.684 Suara, Prabowo-Gibran Unggul di Kalimantan Selatan

12 March 2024 - 21:50

Trending di Nasional